Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

menyuiap lahan tidur jadi kebun sayur subur e461cf9

kabarkutim.com – Pertanian perkotaan atau urban farming adalah praktik pertanian dan peternakan yang berlangsung di lingkungan perkotaan. Hal ini merupakan respons kreatif terhadap tantangan yang dihadapi kota-kota modern, termasuk pertumbuhan populasi, terbatasnya akses terhadap lahan pertanian, dan kebutuhan akan pasokan pangan yang lebih berkelanjutan.

Salah satu manfaat utama pertanian perkotaan adalah meningkatkan akses terhadap pangan segar dan berkualitas bagi penduduk kota. Dengan menanam sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah di dalam kota, masyarakat dapat memenuhi sebagian kebutuhan gizinya.

Dengan cara ini, ketergantungan terhadap pasokan makanan di luar kota berkurang dan dampak transportasi jarak jauh terhadap lingkungan pun berkurang.

Pertanian perkotaan mendukung kelestarian lingkungan dalam beberapa cara. Pertama, mengurangi konsumsi energi yang diperlukan untuk mengangkut produk pertanian dari daerah pedesaan ke kota. Kedua, pertanian perkotaan memungkinkan daur ulang sampah organik melalui kompos, sehingga mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Selain itu, pertanian perkotaan dapat menciptakan lanskap perkotaan yang lebih hijau, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas tanah yang dapat tercemar.

Pertanian perkotaan juga berpotensi menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat perkotaan. Petani perkotaan dapat menjual hasil panen mereka di pasar lokal, restoran, atau melalui program berlangganan makanan. Hal ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang penting bagi individu dan keluarga, terutama di daerah rentan.

Namun pertanian perkotaan juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satu kendala utamanya adalah terbatasnya ketersediaan lahan di lingkungan perkotaan. Permasalahan yang berkaitan dengan kualitas tanah dan keamanan air juga harus diatasi. Melindungi tanaman dari polusi dan hama perkotaan juga merupakan faktor kunci keberhasilan pertanian perkotaan.

Inisiatif yang mengesankan, Seni Tani adalah usaha pertanian sosial perkotaan yang diciptakan sebagai respons kreatif terhadap situasi sulit yang dihadapi banyak anak muda di tengah pandemi COVID-19. Seni Tani yang didirikan oleh Vania Febriyantie dan Galih yang berusia 28 tahun ini berdiri kokoh di Desa Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Bandung Utara.

Sejak November 2020, mereka telah mengubah lahan kosong seluas 680 m2 menjadi taman yang subur. Tahun lalu, Seni Tani memproduksi lebih dari 150 kg sayuran segar dan bergizi.

Yang lebih menarik lagi adalah cara penyalurannya yang unik melalui Kelompok Tani Sauyunan dengan sistem CSA yang merupakan singkatan dari Community Supported Agriculture. Artinya anggota kelompok 24 orang tersebut dibayar pada awal bulan sebelum benih sayuran ditanam. Oleh karena itu, petani perkotaan bisa memperoleh kepastian pendapatan dengan membayar di muka sebelum panen.

Lahan yang digunakan Seni Tani saat ini terbagi menjadi dua bagian dengan fungsi berbeda. Separuh dari lahan tersebut berfungsi sebagai kebun masyarakat, dengan 97 anggota aktif berkebun bersama. Sementara separuh lainnya dikelola oleh dua pemuda setempat yang mempunyai penghasilan tetap sebagai petani perkotaan.

Rencana luar biasa ini merespons melemahnya situasi ekonomi akibat pandemi COVID-19. Vania dan Galih ingin menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Melalui informasi yang mereka peroleh, mereka bisa memanfaatkan lahan milik Pemerintah Kota Bandung yang sebelumnya tidak terpakai.

Mereka telah membuktikan bahwa Anda tidak membutuhkan banyak lahan untuk mulai berkebun. Siapapun bisa menanami kebunnya, meski hanya sebidang tanah berukuran 1×1 meter. Tani Art adalah contoh bagus tentang bagaimana kreativitas, kerja keras, dan inisiatif generasi muda dapat mengubah sampah perkotaan menjadi taman produktif yang bermanfaat bagi masyarakat, memperkuat perekonomian lokal, dan mendukung ketahanan pangan di masa-masa sulit.

Vania Febriyantie menerima SATU Indonesia Award pada tahun 2021, bersama banyak orang inspiratif lainnya, atas kiprahnya sebagai petani perkotaan prabayar.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. 8 Tips Meningkatkan Minat Membaca Anak Minat membaca anak sangat penting untuk mengembangkan keterampilan literasi yang menjadi landasan kesuksesan akademik dan kehidupan. kabarkutim.com.co.id 4 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *