Nilai Tukar Rupiah Kembali Berakhir di Zona Merah ke Level Rp 15.481 per Dolar AS

nilai tukar rupiah kembali berakhir di zona merah ke level rp 15 481 per dolar as c23cc7f

Laporan reporter kabarkutim.com.com Dennis Destryawan

kabarkutim.com.COM, JAKARTA – Nilai tukar melemah tipis 9 poin pada penutupan Kamis (1/4/2024). Sedangkan sebelumnya melemah 70 poin ke Rp15.490 dari penutupan sebelumnya Rp15.481.

Sedangkan pada perdagangan besok, rupiah berfluktuasi namun turun dari Rp15.470 menjadi Rp15.550,- kata Direktur Laba Forexindo Futures (2024) di Jakarta, Kamis.

Menurut Ibrahim, pengumuman The Fed bulan Desember pada hari Rabu risalah rapat menunjukkan bahwa para pejabat yakin bahwa inflasi terkendali dan khawatir terhadap risiko bahwa kebijakan moneter bank sentral akan “terlalu membatasi” perekonomian.

Namun, belum ada indikasi pasti kapan The Fed akan mulai menurunkan suku bunganya, dan para pengambil kebijakan masih memandang perlunya mempertahankan suku bunga tetap rendah untuk beberapa waktu ke depan.

Banyak yang memperkirakan hal itu terjadi pada tahun 2024 utang publik akan mencapai Rp 8,6 triliun.

Hal ini terlihat dari besarnya utang yang telah jatuh tempo dan beban bunga utang yang sebagian akan dibayar dengan penerbitan utang baru.

“Apalagi utang negara pada tahun 2023 sebesar Rp 8,041 triliun pada bulan November,” kata Ibrahim.

Namun, pemerintah tampaknya membayar 90 persen utangnya dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) dengan suku bunga pasar yang relatif tinggi.

Dampaknya, peningkatan beban bunga utang akan berdampak pada penyempitan ruang fiskal, jelasnya.

Tidak semua utang digunakan untuk konsumsi produktif. Pembayaran bunga dan pokok utang yang telah lunas pada saat penerbitan utang baru membuktikan bahwa utang tersebut juga digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *