Nyanyi dan Main Alat Musik Bantu TIngkatkan Ingatan Lansia

nyanyi dan main alat musik bantu tingkatkan ingatan lansia a1f290a

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – Menyanyi atau disebut-sebut dapat meningkatkan kemampuan daya ingat di masa tua atau lanjut usia. Hasil tersebut diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Inggris yang tergabung dalam Protect, menunjukkan bahwa menyanyi atau memainkan alat musik memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat di hari tua.

Musik diketahui memiliki sejumlah manfaat, seperti mengurangi dan kecemasan, mengatur tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan mood. Hasil penelitian Protect yang dimuat dalam International Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bahwa menyanyi dan bermain musik, khususnya piano, dapat meningkatkan daya ingat dan seseorang.

Bacaan Lainnya

“Menjaga otak tetap aktif sepanjang hidup dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif, sehingga mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi potensi hubungan antara musik dan kognisi,” demikian temuan penelitian tersebut, dikutip Medical Daily, Kamis (2/8/2024).

Saat melakukan penelitian, tim peneliti mengamati lebih dari seribu orang dewasa berusia di atas 40 tahun untuk mengkaji manfaat memainkan alat musik dan terhadap kesehatan otak. Penelitian juga menemukan bahwa manfaat menyanyi bagi kesehatan otak juga dapat disebabkan oleh faktor sosial, misalnya menjadi bagian dari paduan kabarkutim.com atau grup vokal.

Profesor sekaligus peneliti demensia di University of Exeter, Anne Corbett, menjelaskan aktivitas musik dapat menjadi salah satu cara untuk melatih keterampilan dan ketahanan otak yang dikenal dengan istilah cadangan kognitif. “Temuan kami menunjukkan bahwa meningkatkan pendidikan musik merupakan bagian penting dari inisiatif kesehatan masyarakat untuk mempromosikan gaya hidup yang melindungi kesehatan otak, serta mendorong orang lanjut usia untuk kembali ke musik,” katanya.

Menurutnya, melakukan aktivitas musik secara berkelompok dapat membawa manfaat bagi kesehatan otak penderita demensia. “Pendekatan ini dapat dipromosikan sebagai bagian dari gaya hidup sehat bagi masyarakat di kemudian hari, memungkinkan mereka untuk secara proaktif mengurangi risiko sekaligus meningkatkan kesehatan otak,” kata Anne.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *