Pastikan 8 Komponen dan 1 Hal Ini Terjaga Baik Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi

pastikan 8 komponen dan 1 hal ini terjaga baik sebelum mudik pakai mobil pribadi cfb68de

kabarkutim.com.com, Jakarta – Merencanakan perjalanan jauh ke kota atau rumah saat Idul Fitri sebaiknya dilakukan di awal bulan Ramadhan, apalagi jika Anda dan keluarga memilih kendaraan transportasi pribadi.

Sebelum memasuki lalu lintas padat dan melakukan perjalanan jarak jauh di permukaan jalan yang berbeda, kendaraan harus diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan tetap dalam kondisi dasar demi keselamatan dan kenyamanan penumpang dan pengemudi.

Bacaan Lainnya

Apalagi, potensi cuaca buruk bisa terjadi karena Idul Fitri tahun ini jatuh pada masa transisi Maret-April 2024, berdasarkan pantauan BMKG.

Untuk mendapatkan pengalaman mudik yang aman dan nyaman, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan pulang.

Berikut daftar hal yang menjadi fokus dari salah satu pendiri , Benny Fajrai:

1. Periksa kondisi ban kendaraan

Sebelum memulai perjalanan pulang, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi ban kendaraan Anda. Pasalnya, ban merupakan satu-satunya bagian penting pada mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Pastikan kondisi ban tidak terlalu kempes, tidak ada potongan atau tonjolan pada dinding samping ban, dan pastikan tekanan angin ban baik.

2. Periksa oli pada mobil

Hal lain yang tidak terlalu penting adalah dengan memeriksa kondisi oli pada mobil, harus dipastikan tidak kering dan cukup untuk melumasi komponen mesin agar lancar dan berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan oli ini tidak hanya dilakukan pada oli mesin saja, namun juga pada oli transmisi dan oli gardan. Namun, oli mesin memerlukan waktu penggantian yang lebih singkat dibandingkan oli gandar dan transmisi.

Anda juga tidak boleh lupa untuk mengecek suspensi mobil apakah sudah cocok. Pasalnya, bagian yang terdiri dari pemancar tenaga, kemudi, dan peredam kejut ini bekerja sangat baik saat mobil dikendarai dalam perjalanan jauh dalam kondisi jalan yang dinamis dan tidak dapat diprediksi.

4. Evaluasi filter kendaraan

Filter mobil meliputi filter oli, udara, bahan bakar dan AC juga harus dirawat secara berkala untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman.

5. Aki mobil

Baterai bertugas menyuplai daya ke berbagai bagian kendaraan termasuk radio, lampu, dan sistem AC. Sebagai sumber listrik utama yang perlu dijaga kondisinya, aki mobil memegang peranan penting.

Masalah kelistrikan yang serius dapat terjadi jika baterai tidak dirawat dengan baik. Malah bisa menyebabkan korsleting.

6. Batu bata

Kemampuan menahan rem juga sangat penting dalam berkendara. Pemeriksaan rem sebaiknya diawali dengan pengecekan ketersediaan minyak rem. Selama proses ini, penting untuk mencari tanda-tanda kebocoran atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja rem seperti kemungkinan endapan lumpur.

7. Lampu

Perhatian terhadap lampu penting dilakukan karena perannya dalam menjaga visibilitas pengemudi, terutama saat berkendara di malam hari. Tahapan ini harus mengecek secara menyeluruh kondisi lampu depan, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein. Jika Anda menemukan lampu yang tidak berfungsi, segera ganti.

8. Air radiator

Radiator yang berperan dalam menjaga suhu mobil patut diperhatikan. Pastikan ketinggian air pada tangki radiator mencapai batas maksimum untuk memastikan kinerja pendinginan optimal.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa tanda-tanda kebocoran pada saluran air radiator untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Sebab, kebocoran bisa menimbulkan masalah serius akibat panas berlebih.

Selain 8 aspek yang disebutkan di atas, hal lain yang tidak terlalu penting untuk dilakukan adalah memastikan mobil Anda terlindungi oleh .

Seperti diketahui, asuransi mobil memberikan ganti rugi atas kehilangan dan/atau kerusakan pada mobil apabila mengalami tabrakan, terjatuh, bencana alam, perbuatan jahat atau pencurian.

Anda juga perlu mengetahui jenis asuransi apa yang dapat dimiliki mobil Anda. Pilihan produk asuransi ini ada dua yaitu Asuransi Mobil All Risk atau Komprehensif dan Total Loss Only (TLO).

Asuransi komprehensif menjamin risiko kecelakaan, pencurian atau kehilangan, kerusuhan, dan bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

Sedangkan asuransi TLO hanya akan menanggung lebih dari 75% ganti rugi atau kondisi kendaraan yang rusak berat/tidak dapat digunakan.

Apapun jenis asuransi mobilnya, pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *