Pelatih Timnas Filipina Bantah Sengaja Bantu Vietnam Lolos di Kualifikasi Piala Dunia 2026

pelatih timnas filipina bantah sengaja bantu vietnam lolos di kualifikasi piala dunia 2026 a71db29

kabarkutim – Pelatih timnas Filipina Tom Saintfiet membantah kabar yang menyebut dirinya sengaja membantu Vietnam lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.  Saintfiet membenarkan dirinya memang berusaha sekuat tenaga memimpin Azkals, di Filipina. Julukan: Mampu mengalahkan tim Vietnam saat saling berhadapan pada pekan lalu.

Ia pun bertekad membuat pasukannya tampil maksimal di hadapan tim Indonesia. Meski peluang Filipina lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah berakhir, Saintfiet meyakinkan tidak ada pelatih di dunia yang ingin timnya kalah. 

“Saat itu media Vietnam bertanya kepada saya apakah tim mereka punya peluang lolos. Dan saya katakan tim Filipina akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalahkan Indonesia dan Anda harus mendukung mereka. “Vietnam akan maju jika kita mengalahkan Irak,” ujarnya, dikutip di Soha.Vn, Minggu 9 Juni 2024.

“Tetapi saya ingin menegaskan bahwa saya tidak mengatakan itu karena saya mendukung tim Vietnam. Pers Indonesia salah paham. Saya bukan anggota tim itu. Satu-satunya hal yang saya pedulikan adalah tim Filipina dan saya ingin tim saya bermain sebaik mungkin melawan Indonesia. “Ini lumrah dalam sepak bola, karena tidak ada pelatih yang ingin kalah dalam satu pertandingan,” tegasnya.

Seperti diketahui, Timnas Filipina kalah dari Vietnam pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 6 Juni 2024, di Stadion Nasional My Dinh, Vietnam. Tim besutan Saintfiet harus mengakui keunggulan tuan rumah setelah takluk 2-3.

Sementara itu, tim Indonesia juga kalah saat menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di hari yang sama. Si Merah Putih kalah dua gol tak terbalas dari tim besutan Jesus Casas.

Hasil ini sedikit membuka peluang Vietnam lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 karena kini hanya tertinggal satu poin dari tim Indonesia yang berada di peringkat kedua Grup F.

Mereka bisa lolos jika berhasil mengalahkan Irak pada laga berikutnya pada 12 Juni 2024. Selain itu, Gold Star -julukan Vietnam- juga memperkirakan tim Indonesia akan kalah dari Filipina jika performanya berjalan baik. Saat itu, Saintfiet sangat ingin mengalahkan Skuad Garuda bukan hanya untuk membantu Vietnam, melainkan sekadar memuaskan instingnya sebagai pelatih yang ingin timnya meraih kemenangan.

  Sanksi AFC: Shin Tae-yong, Justin Hubner dan Ivar Jenner Ancam Sanksi Lebih Berat Federasi Sepak Bola Asia (AFC) tak main-main dengan sanksi yang dijatuhkan kepada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, bersama Justin Hubner dan Ivar Jenner. kabarkutim.co.id 28 Juni 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *