Peluncuran Uji Starship Ketiga SpaceX Berhasil

peluncuran uji starship ketiga spacex berhasil 8bed7f2

kabarkutim.CO.ID, JAKARTA – berharap uji coba ketiga ini menarik untuk uji coba . Peluncuran ketiga berjalan dengan baik dan berhasil diluncurkan pada pukul 09:25 ET. Tak lama setelah diluncurkan, ia berhasil menyelesaikan pemisahan panas dari Super Heavy Booster dan Starship berhasil menyalakan mesin tahap kedua Raptor.

Saat ini, roket sedang diluncurkan dan mesin Raptor diperkirakan akan menyala kembali sekitar 40 menit setelah peluncuran pertama. Sementara itu, Super Heavy Booster mengalami pendaratan semi-terkendali dan mesinnya tidak dihidupkan kembali sepenuhnya sebelum mendarat sesuai rencana.

Bacaan Lainnya

Meskipun SpaceX mengatakan booster dan pesawat ruang angkasa itu sendiri kembali ke Bumi dengan “kecepatan terminal”, sehingga pemulihan menjadi tidak mungkin, pesawat ruang angkasa itu sendiri tampaknya tidak berhasil mendarat. Berdasarkan data awal, kapal tersebut terlihat pecah saat masuk kembali. Sedangkan untuk boosternya, kami belum menjelaskan terlalu banyak detailnya.

Menurut Engadget, pada Sabtu (16/3/2024), beberapa klip drama Starship mulai diputar kembali sebelum putus.

Dua upaya sebelumnya gagal, meskipun Starship berhasil mencapai ruang angkasa pada upaya kedua. Jendela peluncuran 110 menit untuk upaya terakhir dibuka pada pukul 8 pagi ET. Liputan langsung peluncuran tersebut akan dimulai sekitar pukul 08:50 ET dan dapat diikuti di SpaceX’s X.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengeluarkan lampu hijau untuk uji penerbangan orbital superheavy SpaceX 3 pada Rabu sore.

FAA melarang terbang Starship beberapa minggu sebelum uji terbang keduanya hingga perusahaan tersebut mengambil 63 tindakan perbaikan. Peluncuran pertama menyebabkan kebakaran di taman nasional dan menimbulkan tuntutan hukum dari kelompok lingkungan hidup.

Selain tes sebelumnya, SpaceX telah menetapkan beberapa tujuan ambisius untuk peluncuran ini. Perusahaan berencana untuk melakukan penembakan ulang pertama mesin Raptor di luar angkasa, sambil memastikan keberhasilan pendakian di kedua tahap, membuka dan menutup palka kargo, dan merencanakan masuk kembali secara terkendali.

Pesawat luar angkasa itu mengambil jalur baru dan jatuh di Samudera Hindia. SpaceX mengatakan jalur penerbangan yang diperbarui akan memberikannya kesempatan untuk mencoba hal-hal baru seperti membakar mesin di luar angkasa, dengan tetap mengutamakan keselamatan publik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *