Pengamat: Kuota Impor Daging Sapi Ditetapkan dalam Rakor Kemenko Perekonomian

pengamat kuota impor daging sapi ditetapkan dalam rakor kemenko perekonomian 5d3dc67

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA–Pengamat pertanian Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengatakan, penetapan kuota impor itu ditetapkan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian. Menurut Khudori, Badan Pangan Nasional () hanya bertugas implementasi.

“Kuotanya diputuskan dalam rapat koordinasi yang dilakukan Menteri Koordinator Perekonomian. “Bapanas telah mengeksekusi negara dan Kementerian Perdagangan,” kata Khudori dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024).

Bacaan Lainnya

Pengumuman itu disampaikan Khudori menanggapi dugaan pengurangan dari Bapanas menjadi 147.000 ton dari 400.000 ton. Khudori mengatakan Kementerian Perdagangan akan menerbitkan izin impor sebagai bagian dari bea masuknya.

Bapanas kemudian ditugaskan untuk mengurus pesanan impor tersebut. “Kementerian Perdagangan menerbitkan izin impor. Kepada siapa tugas tersebut diberikan? “Ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2022 tentang Neraca Barang,” ujarnya.

Khudori menambahkan, kuota impor merupakan bagian dari data neraca komoditas. Menurut dia, keseimbangan komoditas mencakup masalah pasokan dan permintaan.

“Kuota impor merupakan bagian dari data neraca bahan baku. “Dalam keseimbangan itu ada keseimbangan pasokan/supply (produksi dalam negeri dan impor) dan kebutuhan,” ujarnya.

Saat ini, Kementerian Perdagangan diketahui mengambil sikap untuk tidak menerbitkan izin impor. Sebab, besaran yang ditetapkan Bapanas berbeda dengan hasil Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sesuai ketentuan, hasil rapat koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Pertanian untuk menerbitkan izin konsultatif impor produk hortikultura.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *