Percepat SDG, Pengamat Anjurkan Pemerintah Tambah Subsidi Bus Listrik

percepat sdg pengamat anjurkan pemerintah tambah subsidi bus listrik 35f4f2e

Jakarta – Pemberian subsidi menjadi salah satu cara untuk memastikan proses elektrifikasi di Indonesia berjalan baik. Sayangnya, program ini hanya berlaku untuk mobil listrik dan sepeda motor listrik. Sementara untuk bus listrik, belum ada kepastian mengenai hal tersebut.

Mengingat, tingkat komponen dalam negeri (DCD) bus listrik belum mencapai rekomendasi pemerintah minimal 40 persen.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Kebijakan No. 55 yang menyatakan pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) negara diberikan kepada mobil listrik dan bus listrik dengan kriteria nilai TKDN tertentu.

Terkait hal tersebut, Tori Damantoro selaku Ketua Umum Asosiasi Transportasi Indonesia (MTI) mengatakan pihaknya terus berupaya mencari subsidi untuk bus listrik.

“Kami sudah sampaikan dari awal bahwa yang kami cari adalah hibah untuk bus listrik, untuk angkutan umum. Kami akan dukung sejauh menyangkut angkutan umum,” jelasnya pada Rakernas MTI 2023. Jakarta, dikutip kabarkutim.com Otomotif.

Menurut Tori, subsidi bus listrik merupakan jawaban atas keinginan Indonesia untuk meningkatkan penggunaan angkutan umum di perkotaan.

“Saat ini pengembangan bus listrik mutlak diperlukan, apalagi Indonesia sendiri berencana membangun angkutan umum di perkotaan. Jadi subsidi bus listrik bisa menjadi jawabannya,” ujarnya.

Tory mengatakan bus listrik adalah jawaban dari banyak hal: “Pertama, kurangnya transportasi umum yang baik. Kedua, faktor lingkungan. Ketiga, transisi energi. Keempat, emisi bersih nol. Kelima, SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Oleh karena itu, Banyak hal yang bisa terjawab dengan hadirnya bus listrik,” ujarnya.

Selain itu, Tory berharap aturan yang ada saat ini bisa diubah agar para pemain bus listrik bisa booming karena angkutan umum kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Banyak alasannya, tapi saya berharap aturan yang ada bisa diubah sehingga operator atau pemain bus listrik juga bisa mendapatkan insentif, kata Tory.

“Jangan sampai regulasi yang ada menjadi kendala bagi operator untuk beralih dari bus konvensional ke bus listrik,” imbuhnya.

Sekadar informasi, MTI selalu berharap banyak masyarakat yang beralih ke angkutan umum untuk mengurangi kemacetan lalu lintas khususnya di Jabodetabek. 5 Mobil Hot Wheels Termahal Tahun 2024, Ada yang Rp 20 Jutaan, Hot Wheels Bukan Sekadar Mobil Mainan. Namun bagi para kolektor, itu adalah harta karun kecil yang nilainya mencapai jutaan rupee. Salah satu tujuan kabarkutim.com.co.id pada 3 Februari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *