Perguruan Tinggi Diharapkan Siapkan Generasi Muda yang Siap Bersaing di Pasar Global

perguruan tinggi diharapkan siapkan generasi muda yang siap bersaing di pasar global 34fc5d2

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – Provinsi DKI Jakarta perlu bertransformasi untuk meningkatkan peringkat ibu kota sebagai kota global yang memiliki potensi pengembangan ekonomi serta sumber daya tenaga kerja yang kompetitif dan terhubung secara global.

Salah satu upaya dalam proses transformasi adalah menjaga kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan melalui pendidikan tinggi.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap mampu menyiapkan generasi muda yang siap dan berdaya saing di pasar global, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, baik pengajar maupun tenaga pengajar,” kata sementara itu. , Selasa (2 Juni 2024).

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta berupaya meningkatkan peringkat ibu kota sebagai kota global yang memiliki potensi pengembangan ekonomi serta tenaga kerja yang kompetitif dan terhubung secara global. Namun berdasarkan data Global City Index 2023, Jakarta masih menduduki peringkat 74 dari 156 kota di dunia sebagai kota global.

Berdasarkan hal tersebut, Purwosusilo meyakini Jakarta harus bertransformasi, meningkatkan aksesibilitas, kelayakan hidup, perbaikan lingkungan dan budaya; peningkatan pengembangan teknologi dan inovasi; peningkatan toleransi dan internasionalisme; termasuk menjaga kualitas sumber daya manusia agar mampu mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan.

“Agenda besar menuju kota global tentunya membutuhkan pemikiran yang tidak terbatas, sehingga diperlukan kontribusi akademisi dan pakar di bidang pendidikan,” ujarnya.

Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Daerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (Rakorda ) Wilayah III Tahun 2024 yang diselenggarakan di Pelita Harapan (UPH) Lipo Village, Tangerang. Rektor UPH Jonathan L Parapak turut menyampaikan sambutan. Ia menekankan pentingnya kerja sama perguruan tinggi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

“Perguruan tinggi saat ini menghadapi banyak tantangan sehingga diperlukan kolaborasi terbaik untuk memajukan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan tenaga ahli dan sumber daya manusia,” kata Jonathan.

Kepala LLDikti Wilayah III Tony Toharudin mengatakan Rakor tahun ini mencerminkan komitmen pihaknya dalam mendorong pendidikan tinggi menuju standar global berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Dikatakannya, transformasi pendidikan tinggi sangat diperlukan, menyesuaikan dengan perkembangan saat ini.

Pada acara ini, LLDikti Wilayah III juga menyerahkan penghargaan kepada 159 perguruan tinggi yang meliputi 21 kategori penghargaan, 111 plakat penghargaan, dan 144 piagam penghargaan. Hal ini diberikan sebagai bentuk rasa syukur atas prestasi yang diraih, sekaligus menjadi semangat bagi seluruh perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitasnya. UPH sendiri meraih enam penghargaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *