Perkuat Ketahanan Pangan, Jokowi Resmikan Jaringan Irigasi Gumbasa

perkuat ketahanan pangan jokowi resmikan jaringan irigasi gumbasa eb315c7

kabarkutim.CO.ID, JAKARTA – Presiden (Jokowi) meluncurkan proyek dan Gumbasa di wilayah Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024). Pembangunan dan renovasi jalan pertanian ini bertujuan untuk memulihkan sektor pertanian dan kawasan pertanian Gumbasa untuk menjamin pasokan dan kedaulatan pangan.

“Rehabilitasi dan rekonstruksi perlu terus kita bangun dan laksanakan untuk memulihkan sektor pertanian, termasuk wilayah Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah,” kata Jokowi.

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan pemeliharaan pertanian kering di Gumbasa sudah dimulai pada tahun 2016. Namun karena adanya bencana yang terjadi pada tahun 2018, pemeliharaan irigasi baru selesai pada tahun ini.

Perbaikan dan rekonstruksi peternakan musim panas Gumbasa menelan biaya 1,25 miliar Naira. Anggaran tersebut digunakan untuk rekonstruksi bendungan dan kanal tingkat dasar sepanjang 35 km, sekolah menengah sepanjang 52 km, saluran utama sepanjang 119 km, dan 82 fasilitas pembuangan sampah.

Keberadaan sentra pertanian musim panas Gumbasa akan meningkatkan hasil pertanian dengan luas sawah 8.180 hektare dan meningkatkan laju budidaya dari semula 149 persen menjadi 300 persen.

Jokowi juga berharap reformasi dan rekonstruksi kawasan pertanian Gumbasa dapat meningkatkan pertanian, mendukung produksi pangan dan pemerintahan mandiri, serta meningkatkan taraf hidup petani.

Jokowi mengatakan, pemerintah harus terus bekerja keras untuk menjamin tersedianya pangan yang cukup dan kemandirian.

“Dan kami melakukan pembangunan dan perbaikan pekerjaan pertanian musim panas, termasuk bendungan dan sistem irigasi yang tersebar di seluruh negeri untuk menjamin pasokan air ke sawah dan petani, guna meningkatkan pertanian.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *