Presiden Jokowi Teken MoU Kerja Sama Kendaraan Listrik Indonesia-Australia

presiden jokowi teken mou kerja sama kendaraan listrik indonesia australia ef7baa8

kabarkutim.com.com, Jakarta – Dalam kunjungannya ke Australia, Presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC). Kegiatan kedua pemimpin di Tanah Air bertujuan untuk meningkatkan hubungan diplomatik yang telah berlangsung selama 75 tahun.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut, Joko menekankan komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama strategis di kawasan Indo-Pasifik.

Bacaan Lainnya

Presiden Joko Widodo seperti dikutip dalam siaran persnya, Rabu (3 Juni 2024): “Australia adalah mitra strategis Indonesia dan ASEAN di kawasan Indo-Pasifik, di mana kita memiliki masa depan bersama dan tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas. . “.

Joko mengatakan ada empat poin penting dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia. Pertama, kami menyambut baik perkembangan kerja sama kedua negara, termasuk penandatanganan nota kesepahaman kerja sama .

Saya berharap dengan membentuk steering group bersama dan menyusun rencana kerja, nota kesepahaman ini bisa segera terealisasi. Apalagi soal nikel, saya mendorong kedua negara untuk mengutamakan kerja sama dibandingkan persaingan, kata Jokowi.

Seperti diketahui, Indonesia dan Australia merupakan dua produsen nikel terbesar di dunia. Bahan baku tersebut masih digunakan untuk membuat baterai kendaraan listrik.

Sementara itu, Australia memiliki 24% cadangan litium dunia (kedua setelah Chili). Australia bahkan dapat menguasai 43% penambangan litium global pada tahun 2022.

Presiden Joko saat ini sedang menghadiri pertemuan tingkat tinggi atau Summit ASEAN-Australia di Melbourne, Australia. Lihat saluran YouTube Sekretariat tiba pada Senin (3/4/2024) pukul 20.45 waktu setempat dan disambut hangat oleh sejumlah pejabat senior Australia.

Pernyataan pemerintah berbunyi: “Asisten Menteri Perdana Menteri Australia Patrick Gorman, Duta Besar Republik Indonesia di Canberra Siswo Pramono dan Atase Pertahanan Indonesia di Canberra Laksamana Usliandi Ginting berada di bawah tangga pesawat. Selamat datang Presiden Joko Widodo, tulisnya. Saluran YouTube, seperti dikutip. Selasa (5 Maret 2024).

Ada yang menarik dari sambutan tersebut, mengingat komitmen kedua negara terhadap penelitian energi ramah lingkungan, dimana Jokowi juga disambut dengan mobil listrik BMW iX.

Mobil tersebut memiliki nomor plat unik KTT ASEAN-Australia: 031, serta bendera merah putih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *