Putri Handayani, Orang Indonesia Pertama yang Taklukkan Kutub Selatan dengan Ski

putri handayani orang indonesia pertama yang taklukkan kutub selatan dengan ski a119129

Pendaki asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Putri Handayani menjadi ujung selatan bumi pada suhu 90° S pada Kamis 28 Desember 2023 pukul 13.00 Punta Arenas, Chile, ia juga menjadi orang Indonesia pertama yang berjalan ke dengan bermain ski.

Sebelumnya, Putri Handayani berjalan selama delapan hari pada 21-28 Desember 2023 dengan menggunakan ski yang menarik beban 30 kg dari garis lintang 89°S ​​hingga 90°S melewati kondisi cuaca ekstrim dan salju. Meski tidak mudah, ia berhasil mengibarkan bendera Merah Putih seperti bendera negara lain yang sudah sampai di Kutub Selatan.

Baca juga: Hujan Salju di Swiss Kubur Banyak Pemain Ski

Putri Handayani pun mengaku bersyukur bisa melintasi batas ekstrim hingga mencapai Kutub Selatan Upacara. Meski lelah, ia tetap bersemangat menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan bermain ski.

“Saya sangat bersyukur bisa mencapai titik ini. Apalagi setelah mengalami angin terdingin dengan tangan pertama mereka bermain ski dan akhirnya mencapai Kutub Selatan Upacara. “Capek, haru, dan bangga, ini semua jadi campur aduk, apalagi mengingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai di sini,” kata Putri Handayani.

Sementara itu, ekspedisi bertajuk Road to Grand Slam Explorer “Antarctic Expedition 8” bukannya tanpa kendala. Pasalnya, pelatihan pertama meliputi dua tahap. Yang pertama adalah pendakian ke puncak tertinggi benua Antartika yaitu Gunung Vinson (4.892 meter di atas permukaan laut), dan yang kedua adalah penjelajahan Kutub Selatan hingga titik 90°S.

Namun kondisi cuaca sangat buruk sehingga pendakian Gunung Vinson yang berlangsung pada 6-13 Desember 2023 terpaksa terhenti saat Putri hendak mencapai puncak (peak day) pada 12 Desember 2023 karena angin kencang. Demi keselamatan, tim memutuskan untuk melanjutkan pendakian dan istirahat di Vinson Base Camp dan melanjutkan misi ekspedisi selanjutnya 90° S menuju Kutub Selatan.

Namun Putri Handayani akan kembali mencoba mendaki Gunung Vinson untuk kedua kalinya pada Januari 2024 selama masih ada tempat. Meski pendakian Gunung Vinson merupakan tempat yang sulit, namun ia tak mau kecewa dan akan menikmati kesuksesannya mengibarkan bendera Merah Putih di Kutub Selatan.

Saya berniat mencobanya lagi pada musim pendakian ini. “Sambil istirahat sebelum ekspedisi Kutub Selatan, saya juga berusaha mendapatkan tempat pada pendakian Januari mendatang,” jelasnya.

“Ya, saya sudah mengira akan menempati posisi yang sulit. Pasalnya pendakian pertama (ke Vinson) sudah dipastikan 4 bulan sebelum kampanye. Mau tidak mau, kita harus menunggu hingga musim berikutnya, akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. Rasa kecewa pasti akan ada, namun saya tidak ingin berlarut-larut dalam kekecewaan. Saya suka lebih fokus pada hal-hal positif. “Salah satunya keberhasilan saya menerbangkan si Merah Putih ke Kutub Selatan,” jelasnya.

Sedangkan pendakian Gunung Vinson kedua akan berlangsung pada 10 hingga 21 Januari 2024. Persiapan pendaftaran yang lebih singkat, dan musim pendakian yang sudah memasuki deep season menjadi alasan utama Putri tidak bisa melanjutkan. ekspedisi ke Gunung Vinson.

Putri Handayani malah cenderung menuju jalur The Explorer's Grand Slam untuk menyelesaikan “tujuh puncak tertinggi di tujuh benua dan dua poros bumi” serta juga akan mempersiapkan ekspedisi berikutnya yaitu penjelajahan Kutub Utara pada bulan April. 2024 dan targetnya adalah menjadi orang Indonesia pertama yang memasuki olahraga ski dari garis lintang 89°LU-90°LU (Tiang Utara Derajat Terakhir).

Putri Handayani memasuki tahun kedelapan dengan memulai kampanye perebutan gelar Grand Slam Explorer. Kali ini gunung tersebut dipimpin oleh Fakultas Teknik UI menuju puncak Gunung Kilimanjaro, tertinggi di benua Afrika, Piramida Carstensz (tertinggi di benua Australia dan Oceania), Elbrus. tertinggi di benua Eropa), Aconcagua (tertinggi di benua Amerika Selatan), Denali (tertinggi di benua Amerika Utara) dan terakhir titik 90°S. Titik utara Kutub Utara, Gunung Vinson (tertinggi di Kutub Selatan) dan Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di benua Asia dan dunia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *