Sabet 4 Penghargaan Sekaligus, Sultan Mahmud Badaruddin II Jadi Bandara Paling Nyaman di Asia-Pasifik

sabet 4 penghargaan sekaligus sultan mahmud badaruddin ii jadi bandara paling nyaman di asia pasifik 2479a40

kabarkutim.com.com, Jakarta – Palembang dinobatkan sebagai bandara ternyaman bagi pelancong udara di Asia. Hal ini berdasarkan hasil uji Airports Council International (ACI).

Ada sederet langkah yang dilakukan selaku pengelola bandara di Palembang, Sumatera Selatan. Salah satunya adalah alur penumpang dari gerbang pertama, hingga sistem boarding sebelum penerbangan.

Executive General Manager Bandara Palembang, Iwan Winava Mahdar menjelaskan, berdasarkan hasil survei ACI, penumpang merasa nyaman dengan perubahan perjalanannya di bandara.

“Mungkin salah satunya setelah kita coba ubah arusnya, kita ubah arusnya,” kata Iwan saat ditemui di Bandara SMB II, Palembang, Sumsel, diumumkan, Sabtu (23/3/2024).

Dia mengatakan, saat ini hanya ada satu jalur penumpang. Alhasil, pengalaman bepergian melalui bandara bisa menjadi salah satu dari banyak fasilitas.

Misalnya saja dengan membatasi akses pada persimpangan yang kerap membingungkan penumpang. Apalagi, ada upaya untuk menempatkan berbagai produk UMKM di sudut-sudut jalur. Iwan menilai hal ini menjadi hal yang menarik bagi wisatawan.

Di sisi lain, ia juga berupaya menambah nuansa kedaerahan di Sumsel. Salah satunya memasang kain tenun berbeda di langit yang menerangi bidang pandang.

“Tadi sudah kami coba, sky light kami tutup sehingga mengganggu kenyamanan, AC terlalu panas dengan pakaian khas Sumsel. ” jelasnya.

4 penghargaan yang dipersembahkan ACI antara lain World Guide General Roll Excellence, Bandara Terbaik 2 hingga 5 Juta Penumpang di Asia, Kemudahan Perjalanan Udara di Asia-Pasifik, dan Bandara Terbaik di Asia-Pasifik. Posisi ini diumumkan pada 10 Maret 2024.

Menurut kabarkutim.com.com yang memantau kawasan tersebut, para penumpang terlihat nyaman sejak memasuki bandara. Pertama, sampai ke bandara setelah meninggalkan mobil.

Hal ini dimungkinkan oleh sejumlah tanda arah yang jelas. Kedua, ruang masuknya terlihat luas. Terdapat konter swalayan dan check-in pribadi, sehingga calon pelancong memiliki pilihan yang beragam.

Ketiga, ada pusat Tavelin yang memfasilitasi proses penerimaan lebih singkat tanpa pemeriksaan manual. Keempat, fasilitas umum yang disediakan antara lain toilet dan tempat ibadah yang mudah dijangkau.

Kelima, ruang tunggu sangat luas, dikelilingi banyak toko suvenir lokal. Tak lupa, ada beberapa spot foto untuk calon penumpang sembari menunggu jadwal penerbangan.

Sebelumnya, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan sebagai yang terbaik di antara PT Angkasa Pura (AP) II atas pelayanan pelanggannya secara keseluruhan.

Skor kepuasan pelanggan yang diberikan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dilihat dari Customer Satisfaction Index (CSI) tahun 2023.

Menurut VP Corporate Communications AP II, Cin Asmoro, penilaian CSI 2023 didasarkan pada 5 faktor yaitu pendapat penumpang, pramugari, pengelola bandara, pemegang konsesi, dan pemangku kepentingan transportasi barang.

Tiga teratas adalah Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), kata Cin Asmoro dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Rabu, 8 November 2023.

Cin Asmoro menyampaikan, ucapan terima kasih terhadap ketiga bandara tersebut diberikan pada Festival Indonesia National Air Carriers Association (INACA) 2023 yang digelar pada 4 November 2023 dalam rangka HUT INACA ke-53.

Cin Asmoro mengatakan rasa syukur INACA menjadi alasan utama seluruh bandara di wilayah AP II untuk terus meningkatkan tingkat pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan.

“Visi yang dinilai CSI 2023 sangat luas, mulai dari penumpang, maskapai, dan pihak lain yang terlibat di bandara. Melalui acara ini, INACA membantu mendorong pengembangan standar pelayanan di bandara-bandara AP II ke depan,” ujar Cin Asmoro.

Sementara itu, General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya mengatakan, tingkat pelayanan dan fasilitas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II terus ditingkatkan.

“Kami terus memberikan layanan berbeda untuk meningkatkan kualitas layanan. Fasilitas terbarunya adalah TravelinPass, dimana penumpang maskapai dapat memproses keberangkatannya dengan menunjukkan wajahnya di pos pemeriksaan keamanan dalam perjalanan menuju lounge. “Untuk menggunakan TravelinPass, penumpang dapat mengunduh aplikasi Travelin terlebih dahulu dan membuat ID bandara,” jelas Iwan kepada kabarkutim.com.com.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebelumnya mendapat penghargaan global dari Airport Council International (ACI) yaitu Airport Service Quality Award (ASQ) 2022 Best Airport by Size and Area pada kategori 2 hingga 5 juta penumpang dalam setahun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *