Sejarah di Balik Keistimewaan Tanggal 10 Rajab yang Jatuh pada Hari Ini

sejarah di balik keistimewaan tanggal 10 rajab yang jatuh pada hari ini 958899c

kabarkutim.com.com, Jakarta – 10 1445 Hijriah jatuh pada hari ini, Senin 22 Januari 2023. Umat Islam memperingati hari ini sebagai hari istimewa pada tanggal sehingga sering berpuasa sesuai sunnah.

Ciri-ciri Bulan Oktober Rajab dijelaskan oleh Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Menurutnya, dua peristiwa penting di bulan Rajab adalah Isra Miraj dan berpindahnya Noor (Cahaya Nabi) Nabi Muhammad SAW dari punggung Sayyidina Abdullah bin Abdul Mutolib ke dalam perut. Sayyida Aminah binti Wahab dikenal juga sebagai wilada pertama.

Bacaan Lainnya

“Bertepatan dengan , jadi puasa untuk menghormati meninggalnya Noor itu sunah. Juga ada haditsnya,” kata Pengurus Pondok Pesantren Al-Anwar di Saran, Desa Karangmangu. Kabupaten, Provinsi Rembang Jawa Tengah, seperti disebutkan NU. Daring, Senin (22/1/2024).

Sementara itu, lanjut Mbah Moen, banyak masyarakat yang sudah mengetahui peristiwa Isra Miraj. Banyak orang merayakannya secara luas. Namun menurut wahyu kedua (kotak pertama), hanya orang-orang yang beriman (orang beriman yang bekerja dengan baik di jalan Allah) yang mengetahuinya.

“Kenangan ini tidak boleh berhenti, hanya puasa sebagai rasa syukur saja,” jelas Mbah Moen.

Area pertama ini disebut dengan area kebenaran. Oleh karena itu, dalam kitab “Al-Barzanji” diceritakan bahwa banyak peristiwa besar yang terjadi bersamaan dengan peristiwa itu.

Inilah salah satu alasan Mbah menganggap Moen al-Barzanji lebih ilmiah dibandingkan yang lain.

Rajab adalah bulan suci bagi umat Islam. Ini adalah bulan ketujuh tahun Hijriah.

1 Rajab 1445 2024 jatuh pada hari Sabtu 13 Januari 2024. Banyak amalan keagamaan yang bisa dilakukan umat Islam di bulan ini, salah satunya puasa sunnah.

Sunnah puasa di bulan Rajab mempunyai kelebihan tersendiri, sebagaimana dijelaskan dalam kisah Saeed bin Rasid al-Tabarani.

“Puasa satu hari di bulan Rajab ibarat puasa setahun, jika dia berpuasa 7 hari maka pintu neraka akan tertutup, jika dia berpuasa 8 hari maka 8 meja maka pintu surga akan terbuka, dan jika dia puasa puasa. Puasa 10 hari niscaya Allah kabulkan semua permintaannya” kata NU Online

Sebelum berpuasa, umat Islam harus membaca pikiran mereka. Maksud yang dapat dilakukan pada malam sebelum puasa adalah sebagai berikut.

Tuhan memberkati

Navaitu shauma gadin ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi taala.

Artinya: “Saya niat puasa Sunnah Rajab esok hari karena Allah.”

Namun jika tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan malamnya, umat Islam dapat berpuasa Rajab jika belum makan atau minum minuman beralkohol sebelum subuh, dan wajib melakukannya sebelum subuh.

Tujuan puasa Rajab Sunnah pada siang hari adalah sebagai berikut.

Perlindungan Lingkungan dan Perlindungan Lingkungan

Navaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi taala

Artinya: “Saya niat puasa Sunnah Rajab hari ini karena Allah.”

Puasa di bulan Rajab termasuk dalam kategori puasa sunnah. Hal ini berdasarkan tafsir Syaikh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Muin.

Beliau menulis bahwa setelah Ramadhan, bulan terpenting untuk berpuasa adalah bulan di mana Allah dan Rasul-Nya dimuliakan. Bulan mulia antara lain: Muharram Rajab Zulhijjah dan Zulka’da Sya’ban.

Seperti halnya puasa sunnah lainnya, dianjurkan untuk menjalankan puasa Rajab semaksimal mungkin. Puasa bisa dilakukan kapan saja kecuali pada hari-hari tertentu, seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan tiga hari Tasriq.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *