Selain F1 Powerboat, Danau Toba Bakal Disulap Jadi Pusat Olah Raga Air Dunia

selain f1 powerboat danau toba bakal disulap jadi pusat olah raga air dunia f6c21f7

kabarkutim.com.com, Jakarta – Pemerintah melalui akan menyulap menjadi pusat olahraga air bertaraf internasional. Race akan segera digelar di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024.

“Sebagai salah satu DPSP, Danau Toba selalu didorong untuk menghadirkan berbagai acara. InJourney berharap wisata water sport yang dikoneksikan secara khusus ini mampu menciptakan pariwisata Danau Toba yang berkelanjutan dan berkelanjutan,” ujar Direktur. Pemasaran dan Pariwisata PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono, dalam keterangan resminya, Kamis (16/2/2024).

Bacaan Lainnya

Ajang F1Powerboat ini merupakan balapan ke-300 yang digelar di Sharjah, Uni Emirat Arab. F1Powerboat 2024 akan menjadi event kedua yang digelar di Danau Toba. Pada tahun 2023, F1Powerboat mampu menampung 100 ribu pengunjung.

Pada tahun 2024, InJourney akan menghadirkan F1Powerboat yang dibalut festival budaya dan sebagai side eventnya. Konsep serupa juga akan disematkan saat Aquabike Jetski World Championship digelar pada November 2023. InJourney berharap side event tersebut bisa terkenal dengan tingkat hiburan, budaya dan kumpul UMKM, serta kompetisi Solu Bolon, mengenal lebih jauh budaya lokal dengan lebih baik. dan UMKM. ke dunia.

Selain itu, Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO menarik banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, ujarnya.

Maya mengatakan, perhelatan F1Powerboat kedua di Danau Toba ini akan lebih spesial karena akan dimeriahkan dengan tempat hiburan yang menampilkan -band ternama tanah air seperti Ada Band, Radja, dan Wali yang merupakan grup pertama di Indonesia. , yang mengisi arena sebagai side event F1Powerboat Danau Toba.

“Kedatangan tim-tim papan atas Indonesia diharapkan dapat semakin menarik pengunjung F1Powerboat di Danau Toba. Kami berharap F1Powerboat tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga air, namun juga menjadi penyemangat wisatawan untuk mengunjungi salah satu “One of Indonesia’s Largest Shopping” Daerah (DPSP),” ujarnya.

Maya mengungkapkan, sebelum pementasan F1Powerboat di Danau Toba, persiapan telah dilakukan. Pada hari Senin tanggal 12 Februari 2024, logistik lomba sebanyak 100 ton telah tiba di pelabuhan Belawan, untuk dibawa ke pelabuhan Napitupulu, Balige yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara F1Powerboat. Di bawah pengawasan polisi, 14 kontainer logistik tiba dengan selamat.

“InJourney bersama pemerintah setempat sedang melakukan persiapan matang untuk berbagai side event guna mewujudkan keseruan F1Powerboat di Danau Toba,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, PT Aviation and Tourism Indonesia atau InJourney berencana menambah jumlah lima hotel di Mandalika dan Labuan Bajo. Hal ini untuk meningkatkan taraf hidup di sekitar wilayah tersebut.

Manajer Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata InJourney Maya Watono mengungkapkan banyak perusahaan perhotelan yang berminat. Namun masih dalam proses negosiasi antara keduanya.

“Kami sangat tertarik, namun ide tersebut sedang kami evaluasi, karena di Labuan Bajo banyak hotel yang berada di kawasan Marina Waterfront,” ujarnya di InJourney Office, Sarinah, Jakarta, Rabu (13/12/2023). ). ).

“Tapi ke depan perlu tinggal di Golomori. Kami hanya melihat idenya, apakah villa yang gated atau semacamnya, sedang dikaji,” ujarnya.

Di sisi lain, dia mengatakan setidaknya sudah ada satu nota kesepahaman (MoU) dengan 7 perusahaan untuk mengembangkan hotel di Mandalika. Jambuluwuk adalah salah satunya.

Maya mengatakan pembangunan Mandalika akan dimulai pada 2024. Kini di Labuan Bajo sedang diambil keputusan. Ada banyak hotel di Labuan Bajo bernama Maya, Mariott dan Katamaran.

“Di Mandalika masih banyak lagi, (hotel) bintang lima Labuan Bajo. Kita mulai tahun 2024, kita mulai groundbreaking satu lagi di Mandalika, dan Labuan Bajo mulai, Mandalika akan groundbreaking tahun 2024,” jelasnya. .

Maya menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menjajaki ide pengembangan Golomori. Setelah itu, dewan di kawasan itu dibentuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Beberapa hal yang ditampilkan merupakan hal-hal yang menambah bisnis yang sudah mapan.

“Jadi kita buat rencana besar untuk Golomori, mungkin bisa jadi outlet dan didirikan perusahaan MICE ini, tapi nanti perlu disediakan akomodasi dan fasilitasnya juga, misalnya naik perahu ke tempat lain,” jelas Maya.

Sebelumnya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani perjanjian dengan investor untuk pengembangan KEK Mandalika. Presiden ITDC Ari Respati mengatakan perusahaan ini bernilai 1,5 triliun.

“Setahu saya Rp 1,5 triliun, saya tidak ingat detailnya. Besaran MoU-nya Rp 1,5 triliun, totalnya banyak sekali,” kata Ari saat acara penandatanganan MoU ITDC, Jakarta, Rabu (1/1). 11/2023).

Detail penandatanganan kerjasama Heads of Agreement (HOA) antara ITDC dan PT Arena Pacu Nusantara mengenai pengembangan The Horse Tainment Estate atau Kuda Balap.

Kemudian penandatanganan Hotel Term Sheet dengan PT ARCS House untuk pengembangan Hotel Jambuluwuk dan kerjasama ITDC dengan PT Istana Putri Mandalika untuk pengembangan Hotel Novotel.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Memorandum of Understanding antara anak perusahaan ITDC, ITDC Nusantara Properti, dengan PT Ecomarine Indo Putra untuk pengembangan Wibit Water Sport and Circuit Café.

Lalu, tiga perusahaan yang keluar adalah PT Anjasmoro Sukses Mandiri yang mendaftarkan perusahaan hotel dan komersial.

PT Star Motorsport Indonesia (Porsche) bermitra dengan Mandalika Circuit Experience dan PT Nora Jelajah Indonesia bermitra dengan Mandalika Racing Experience.

Pendiri PT Arena Pacu Nusantara Aryo Djojohadikusumo mengatakan pihaknya akan memberikan investasi sebesar Rp 400 miliar dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Untuk tahap pertama, investasinya sekitar Rp 100 miliar. Dia menjelaskan, uang tersebut akan digunakan untuk semua usaha, seperti pacuan kuda, lapangan polo dan polo pantai, serta fasilitas berkuda lainnya.

“Total investasinya sekitar Rp 400 miliar lebih dalam waktu kurang dari 5 tahun,” tutup Aryo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *