Sempat Diajak Kerja Sama, BEM Unpad Tolak Pinjol Danacita

sempat diajak kerja sama bem unpad tolak pinjol danacita d66f45f

kabarkutim.com.CO.ID, BANDUNG — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengungkapkan pihaknya telah diajak bekerja sama dengan pusat pembiayaan atau pinjaman online (pinjol) Danacita. Namun mereka menolak kerja sama karena ada bunga pinjaman.

“Dulu di , ketika ada permintaan pinjaman pada tahun lalu, kami menolak permintaan tersebut karena menurut kami sampai saat ini bunga tidak menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah,” kata Ketua BEM Unpad Mohamad Haikal Febriansyah. jika dihubungi, Kamis (1/2/2024).

Bacaan Lainnya

Katanya, pinjol yang dimaksud adalah Danacita. Mereka menghubungi BEM Unpad dan menawarkan kerja sama dalam program pendidikan mahasiswa yang mempunyai kendala keuangan.

“Pinjaman online kami tolak, untuk pelajar tidak kami manfaatkan. Kami tahu, bunga pinjaman online sangat tinggi, 4-5% tidak cerdas bagi kami,” ujarnya.

Terkait Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad yang bermitra dengan Danacita, ia mengatakan BEM Unpad tidak tahu menahu soal itu. Namun, dia senang kemitraan ini telah berakhir.

Alhamdulillah, untungnya tahun lalu dihentikan karena program ini tidak berhasil, tahun ini tidak ada lagi uang pinjaman yang digunakan tanpa bantuan seperti beasiswa tanpa bunga dari perbankan, katanya.

Haikal mengkritisi sepuluh besar kampus yang tidak bisa melihat pro dan kontra bekerja sama dengan Pinjol. Selain itu, ini merupakan bukti nyata adanya komersialisasi pendidikan.

Ia mengatakan, siswa miskin tidak menerima bantuan biaya pendidikan. Jika mereka ingin belajar mereka bisa menggunakan tempat-tempat tersebut.

“Kalau tidak mampu membayar UKT, terpaksa harus melakukan hal lain, kalaupun cicilannya naik, sayang sekali. Malah, lembaga itu beresiko dan membuat kasus mahasiswa baru terlilit utang,” dia berkata.

Sebelumnya sempat heboh di media sosial ketika kampus ITB menggandeng Danacita Pinjaman Online untuk membayar SPP bagi mahasiswa tak mampu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *