Sering Masturbasi Bikin Pria Kehilangan Massa Otot, Benarkah?

sering masturbasi bikin pria kehilangan massa otot benarkah fa72751

kabarkutim.com.com, Jakarta – Sering melakukan diduga dapat menyebabkan hilangnya . Dalam hal ini, masturbasi mempengaruhi yang membantu pembentukan massa otot.

Anda juga dapat membaca bahwa testosteron adalah salah satu hormon androgen yang berperan penting dalam pembentukan otot, kata pelatih kebugaran Pratik Thakkar.

Bacaan Lainnya

Testosteron meningkatkan sintesis protein otot setelah aktivitas fisik, yang mengarah pada perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot yang rusak. Baik pria maupun wanita memiliki testosteron.

Pria memiliki testosteron 15 kali lebih banyak dibandingkan wanita, yang membuat pria lebih besar dan berotot.

“Kepercayaan umum adalah bahwa (melalui masturbasi) menurunkan kadar testosteron Anda sehingga mengurangi kemampuan Anda memproduksi massa otot,” kata Thakkar, dikutip MensXP, Jumat (1 Desember 2024). Penelitian tentang hubungan antara ejakulasi dan testosteron

Merujuk pada sebuah penelitian, 7 hari tanpa ejakulasi akan meningkatkan kadar testosteron, kemudian berangsur-angsur menurun di hari-hari berikutnya, bahkan terkadang di bawah kadar normal.

Konsisten dengan penelitian lain, tidak melakukan ejakulasi selama 3 minggu atau lebih sedikit meningkatkan testosteron.

Namun dalam penelitian jangka panjang yang membandingkan efek ejakulasi pada performa olahraga intensitas sedang hingga tinggi, masturbasi tidak memiliki efek merugikan atau menguntungkan.

“Masturbasi tidak mempengaruhi testosteron,” lanjut Thakkar.

Mengenai masturbasi dan testosteron, data saat ini menunjukkan bahwa ejakulasi melalui masturbasi tidak memiliki efek menguntungkan atau negatif pada testosteron Anda.

Lalu apa yang terjadi setelah ejakulasi?

1. Hormon prolaktin Anda meningkat

Prolaktin adalah hormon yang membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, hormon prolaktin juga berperan dalam produksi sperma pada pria.

2. Tingkat dopamin Anda turun

Dopamin merupakan zat kimia di otak yang kadarnya bisa meningkat ketika seseorang mengalami perasaan menyenangkan.

“Kedua hal di atas bersama-sama menekan libido dan meningkatkan detak jantung Anda selama berjam-jam,” ungkap Pratik Thakkar.

“Selanjutnya, Anda akhirnya merasa lelah dan ingin tidur. Jika Anda berolahraga setelah (onani), detak jantung Anda mungkin akan semakin meningkat.”

Masturbasi memiliki banyak manfaat kesehatan. Berpendapat serupa, pria yang melakukan masturbasi akan kesulitan membentuk otot meski sedang berolahraga.

Saluran kebugaran PictureFit menjelaskan bahwa aktivitas seksual saja mempengaruhi pertumbuhan otot. Salah satu video menyebutkan bahwa ejakulasi akan menyebabkan seseorang kehilangan testosteron.

Faktanya, testosteron adalah hormon androgen yang artinya terlibat dalam pembentukan otot.

Sebuah teori yang muncul adalah ketika seorang pria mengalami ejakulasi dan “kehilangan” testosteron, hal itu mengurangi kadar hormon ramah otot di tubuhnya, sehingga lebih sulit untuk membangun otot.

Apakah teori ini benar?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Behavior menemukan bahwa pria yang tidak berhubungan selama 7 hari memiliki kadar testosteron lebih tinggi, namun hanya sementara.

Tingkat testosteron turun lagi dan turun di bawah garis dasar setelah tujuh hari, meskipun alasannya masih belum jelas.

Studi lain menemukan kadar testosteron sedikit lebih tinggi pada orang yang berpantang selama tiga minggu. Namun hal itu akan hilang ketika mereka kembali ke rutinitas seks biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas tidak melakukan hubungan seks masih dipertanyakan. Ada faktor lain yang mempengaruhi aktivitas fisik Anda, atau khususnya intensitas latihan Anda untuk membentuk otot.

Berdasarkan informasi dari National Center for Biotechnology Information, kadar testosteron dalam tubuh tidak hanya lebih tinggi di pagi hari, namun berolahraga di pagi hari dapat mencegah turunnya kadar testosteron.

Seseorang yang tidak berolahraga akan kehilangan rata-rata 30% testosteronnya. Singkatnya, masturbasi adalah alasan Anda tidak bisa membentuk otot.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *