Skema Pembayaran UKT Lewat Pinjol, BEM Fisip Unair: Itu Ngawur

skema pembayaran ukt lewat pinjol bem fisip unair itu ngawur 189d15b

kabarkutim.com.CO.ID, Surabaya – Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Universitas Airlangga (Unair), Tafahati Ulayah menanggapi langkah sejumlah perguruan tinggi yang memilih menjalin kerja sama pinjaman online () untuk pembayaran biaya pendidikan perorangan (UKT). Menurut Tova, langkah tersebut merupakan langkah tidak logis yang dilakukan pihak universitas.

Tova merasa beruntung sejauh ini kampusnya belum mengambil langkah tersebut. Ia pun berharap Unair tidak pernah bekerjasama dengan Pinjol terkait pembayaran UKT, karena menurutnya langkah tersebut sama sekali tidak menyelesaikan masalah.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini Unair tidak ada (kerjasama dengan Pinjol) dan tidak membiarkan hal itu terjadi. Karena menurut saya (rencana pembayaran UKT melalui Pinjol) tidak signifikan,” kata Tuff kepada kabarkutim.com.co.id, Selasa (30). /1/2024).

Menurut Tufa, pemerintah atau perguruan tinggi, khususnya yang berstatus PTNBH, harusnya punya solusi yang bisa memudahkan mahasiswa dalam membayar biaya UKT. Tuva juga berpendapat bahwa kerja sama perguruan tinggi dengan pinjaman gaji UKT justru membuka kesenjangan dalam komersialisasi pendidikan.

“Lagipula, semakin banyak datang ke sini, pendidikannya semakin mahal,” ujarnya.

Tuffa mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan Unair untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang kesulitan membayar UKT. Termasuk mengajukan permohonan agar biaya UKT lebih murah.

Unair juga menerapkan sistem cicilan UKT. Mahasiswa yang keberatan dengan biaya UKT dapat membayarnya dalam tiga kali angsuran per semester. Bagi mahasiswa semester akhir, Unair juga memperbolehkan mahasiswanya mengajukan permohonan penangguhan pembayaran UKT.

“Jadi mereka tetap bisa mendapatkan kursus KRS meski belum membayar uang UKT,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *