SLB Negeri Sangatta Utara Juara Favorit Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar

IMG 20220828 WA0024

SANGATTA – SLB Negeri Sangatta Utara menjadi juara Favorit pada Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten () melalui Dinas Pendidikan pada 28 Agustus 2022 yang lalu.

Atas torehan prestasi tersebut, Kepala Sekolah SLB Negeri Sangatta Utara, Haris Toha menyampaikan bahwa keikutsertaan anak didiknya dalam lomba gerak jalan ini bukan mencari juara, tapi hanya ingin memperlihatkan kemasyarakatan bahwa anak-anak SLB juga mampu seperti teman-temannya yang normal.

Bacaan Lainnya

“Prinsipnya kami datang bukan cari juara, tapi memperlihatkan kepada Pemerintah dan masyarakat bahwa kita bisa. Kami juga sudah buktikan di lomba-lomba tingkat nasional, kemaren kami juara I tingkat Provinsi di lomba melukis dan insyaallah dipersiapkan ke tingkat nasional,” ujarnya, Minggu (4/9/2022) sore di Halaman Kantor Bupati Kutim.

Kepala Sekolah SLB Negeri Sangatta Utara, Haris Toha.

Dirinya menambahkan, di SLB banyak sekali kegiatan-kegiatan, diantaranya ada tata boga, tata busana, hidroponik dan melukis. “Murid kami berjumlah 120 siswa dari tiga tingkatan, yaitu SDLB, SMPLB, SMALB dan beberapa jenis kelainan seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa dan autis,” kata Haris.

Dirinya berharap selaku pembina Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)agar pemerintah lebih memperhatikan terutama dalam memberikan hak-hak anak, seperti syarat menjadi PNS buat ABK ini.

“Memang sudah ada Undang-undangnya dan sudah terealisasi, akan tetapi bagi kami masih terlalu berat karena syarat untuk jadi PNS harus sarjana. Untuk ABK ini sangat berat, walaupun ada yang mampu,” tuturnya.

Terakhir dirinya berharap kepada perusahaan-perusahaan di Kutim agar bisa menampung anak-anak lulusan SLB untuk diterima bekerja, hal ini dimaksud agar orang tua murid semakin yakin kalau anaknya bisa seperti anak normal lainnya.

Siswa SLB Negeri Sangatta Utara saat mengikuti Lomba Gerak Jalan Mereka Belajar.

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Kutim Irma Yuwinda menyampaikan SLB ini merupakan dibawah kewenangan Provinsi, jadi dibawah garis koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan pihaknya sangat mengapresiasi SLB ini.

“Dengan antusiasnya mereka mengikuti lomba gerak jalan Merdeka Belajar dan respon masyarakat sangat luar biasa terhadap mereka. Kami salut kepada tim pembina, pembimbing SLB ini, tentunya ini sangat membuka pandangan masyarakat bahwa ada SLB yang berprestasi di Kutai Timur,” pungkas Irma. (G-S02)

Kabar Kutim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.