‘South and South’ Strategi Diplomasi untuk Mitigasi Iklim

south and south strategi diplomasi untuk mitigasi iklim 6692332

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA — Dalam debat calon presiden ketiga, Minggu (7/1/2024), salah satu pertanyaan yang diajukan para wakil rakyat adalah terkait arah kerja sama ‘Selatan-Selatan’. Hal ini menunjukkan bahwa diplomasi Selatan Selatan atau yang sekarang dikenal dengan Global South telah dilaksanakan sepenuhnya.

Apalagi pada masa kepemimpinan COP pada 28 November 2023. Salah satu keinginannya adalah membiayai transisi energi dan mengurangi perubahan iklim. Semua negara di Selatan bersatu untuk mengumpulkan cara-cara mengurangi iklim.

Bacaan Lainnya

Presiden Sultan Al Jaber menjelaskan salah satu hal penting pada COP 28 kemarin adalah mendorong investasi di negara-negara selatan dan mendorong isu pengurangan iklim. Hal ini karena krisis iklim paling banyak melanda negara-negara Selatan, dimana sebagian besar negara tersebut adalah negara berkembang.

Kamis (30/11/2023) lalu, Al-Jaber mengatakan, “Presiden berkomitmen membuka sejumlah uang hijau untuk memastikan akses universal ke selatan.”

Diplomasi Selatan-Selatan merupakan hal yang saat ini dilakukan untuk mengurangi perubahan iklim. Sebab, mengulangi transisi energi yang dimulai pada Perjanjian Paris tahun 2014, negara-negara berkembang harus melakukan percepatan.

Tuntutan-tuntutan ini pada akhirnya menyatukan diplomasi global Selatan. Negara-negara Selatan telah bersatu untuk mendukung dukungan nyata dari negara berkembang.

Sebuah laporan dari Pusat Kebijakan untuk Negara-negara Selatan Baru menyatakan bahwa Tiongkok adalah pemimpin negara-negara Selatan. Pemerintah Tiongkok meyakini krisis iklim yang dihadapi saat ini disebabkan oleh kebijakan yang diambil negara-negara maju sejak tahun 1850-an.

Oleh karena itu, selama kepemimpinannya di COP 28, mereka mampu mengumpulkan dana hukum “kerugian dan kerugian” yang mendorong negara-negara berkembang untuk memenuhi kewajiban penelitian perubahan iklim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *