Tanda Penyumbatan Arteri Bisa Terlihat di Telinga, Seperti Apa?

tanda penyumbatan arteri bisa terlihat di telinga seperti apa 81171c5

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – merupakan penyebab kematian utama di dunia, dengan jumlah kematian mencapai 17,9 juta per tahun menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Beberapa masalah penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan koroner, berhubungan dengan penyumbatan atau penumpukan plak di arteri.

Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah beroksigen ke seluruh tubuh. Arteri yang sehat memiliki dinding bagian dalam yang halus sehingga darah dapat mengalir dengan lancar.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, beberapa orang mengalami penyumbatan arteri, kata WebMD melalui situs resminya, seperti dikutip Selasa (2/1/23).

Penyumbatan arteri disebabkan oleh plak yang menumpuk di dinding arteri. Kehadiran plak ini dapat mengganggu aliran darah atau bahkan menyebabkan penyumbatan total.

Arteri yang tersumbat total dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau bahkan stroke yang fatal. Karena bahaya yang dapat ditimbulkan, maka penting untuk mewaspadai penyumbatan arteri.

WebMD melaporkan bahwa dalam banyak kasus, penyumbatan arteri tidak menimbulkan gejala apa pun sampai terjadi masalah yang lebih besar. Misalnya serangan jantung atau stroke.

Namun, ketika penumpukan plak menyumbat sekitar 70% arteri, beberapa gejala mungkin muncul. Berbagai gejala yang muncul akan bergantung pada lokasi arteri yang tersumbat.

Pada jantung, penyumbatan pembuluh darah dapat menimbulkan gejala seperti lemas, nyeri dada, sesak napas, mual, jantung berdebar, berkeringat. Pada otak, kondisi ini dapat menimbulkan gejala stroke ringan seperti bicara tidak jelas, mati rasa pada salah satu sisi tubuh, dan kelemahan pada salah satu sisi tubuh.

Jika terjadi di arteri perifer, penyumbatan dapat menyebabkan sejumlah gejala berbeda. Beberapa di antaranya adalah nyeri pada kaki, sakit kepala hebat tanpa sebab, cedera kaki yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, sensasi dingin pada kaki, dan gangren.

Gejala telinga

Selain gejala biasa, penyumbatan pembuluh darah juga bisa menimbulkan gejala yang tidak biasa. Salah satu gejala tersebut bisa diamati di area telinga.

Menurut ahli saraf Dr. Janine Bowring, penyumbatan arteri dapat menyebabkan lipatan diagonal di area daun telinga. Lipatan ini dikenal sebagai tanda Frank.

Tanda Frank pertama kali ditemukan oleh Dr. Frank pada tahun 1975. Menurut Dr. Frank, sebagian besar pasiennya yang berusia di bawah 60 tahun dan menderita nyeri dada dan penyakit jantung koroner memiliki tanda ini.

Sebuah studi tahun 2021 juga menemukan hubungan antara keberadaan tanda Frank dan konsentrasi enzim klotho yang lebih rendah. Klotho diketahui berperan dalam disfungsi endotel di arteri, sehingga temuan ini sangat penting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *