Tempat Wisata Dipenuhi Pengunjung di Libur Isra Mikraj dan Imlek 2024, Tingkat Hunian Hotel sampai 80 Persen

tempat wisata dipenuhi pengunjung di libur isra mikraj dan imlek 2024 tingkat hunian hotel sampai 80 persen 1d9f0a9

kabarkutim.com.com, Jakarta – Perayaan dan Tahun Baru diharapkan mampu mendongkrak perekonomian nasional. Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (|), prediksi tersebut terkonfirmasi seiring dengan peningkatan pesat jumlah wisatawan pada pekan lalu.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiag Salahuddin Un, jumlah wisatawan akan meningkat pesat pada 2024 dan libur Isra Mikraj 2024. Sejumlah populer di beberapa daerah hampir dipenuhi pengunjung.

Bacaan Lainnya

Pada long weekend 7-11 Februari 2024, kepadatan pengunjung menyebabkan okupansi meningkat hingga 80 persen di banyak lokasi wisata.

Berdasarkan laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tingkat okupansi hotel meningkat hingga 80 persen di banyak kawasan wisata di Sumatera Barat, Pekanbaru, pesisir Jawa, dan Bandung, Yogyakarta di Jawa Timur, termasuk Banyuwangi dan Banyuwangi. . Bali,” kata di Jakarta, Senin (12/2/2024) dalam pengarahan mingguan bersama Sandi Uno, pantau Hybrid.

Sementara itu, mampu melayani 92 ribu penumpang pada long weekend 7-11 Februari 2024, rata-rata meningkat 35 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Selama periode ini, KCIC mengoperasikan 208 perjalanan KA Whoosh. Rincian 40 rute reguler dan 8 rute tambahan tersedia untuk menampung jumlah penumpang yang terus bertambah.

Kebanyakan meja liburan Whoosh mendapat diskon 80 hingga 100 persen. “Saya merasa sesak di KA Wush Express. Selain ke Jawa Timur dan Jawa Tengah pada long weekend lalu, saya ke Wush Bandung harus berdesakan di tengah padatnya penumpang, bahkan duduk di tengah,” kata Sandi.

“Di Bandung saya berkesempatan wisata kuliner dan toko oleh-oleh, termasuk Bandung Raya dan beberapa daerah lain di sekitar Bandung. Pariwisatanya banyak dan sangat mendongkrak pergerakan perekonomian kita, termasuk di sektor ekonomi kreatif.” ” melanjutkan.

Pariwisata dalam negeri (wisnus) memperkirakan long weekend ke Sandia pekan lalu merupakan bagian dari target 1,2 miliar hingga 1,5 miliar pariwisata domestik pada 2024. Sementara itu, pihaknya masih melakukan perhitungan matang terkait perkiraan arus kas. itu terjadi.

Berdasarkan angka Kementerian Perhubungan, pria yang akrab disapa Sandi ini melanjutkan, masyarakat yang menggunakan moda transportasi darat melakukan 1 juta perjalanan. Lalu ada 1,2 juta pergerakan melalui udara, 540 ribu pergerakan melalui laut, 1,4 juta pergerakan dengan kereta api. Kemudian 1,1 juta orang melakukan perjalanan melalui jalan tol dan 3 juta orang melakukan perjalanan melalui jalan tol.

Disusul 1,1 juta pergerakan di jalan tol dan 3 juta pergerakan di jalan arteri. “Ini sesuai ekspektasi kami menghadapi long weekend yang sibuk seperti kemarin. Kami akan meninjau kembali kondisi setelah pemilu,” lanjut Sandi.

Direktur Eksekutif Segara Institute Peter Abdullah sebelumnya mengatakan libur panjang dapat berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Penting untuk diingat bahwa sektor pariwisata dan produk-produknya seringkali menjadi tempat rekreasi bagi sebagian besar masyarakat.

Produk tersebut mungkin merujuk pada kafe atau restoran di area tersebut. Lalu tempat serupa di kawasan wisata. “Libur panjang mempengaruhi perekonomian desa. Khususnya pada sektor-sektor yang berkaitan dengan pariwisata dan turunannya,” kata Peter kepada tim bisnis kabarkutim.com.com, Jumat, 09 Februari 2024.

Peter melihat peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Sebab, libur panjang Imlek akan disusul dengan kontestasi politik Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024. Menurut dia, perekonomian desa diwujudkan melalui pra- kegiatan pemilihan pasangan calon. Kemudian disusul kampanye calon legislatif.

“Khusus tahun ini juga diselingi dengan persiapan pemilu. Selain karena masyarakat memanfaatkan hari libur, acara-acara pemilu yang dikaitkan dengan besarnya biaya peserta pemilu juga memperkuat dukungan terhadap pemilu. perekonomian,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Kemenhub) Kementerian Perhubungan juga memperkuat pengendalian angkutan wisata yang beroperasi di 8 kawasan wisata, khususnya pada libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek tahun 2024. mencegah kecelakaan lalu lintas dan menciptakan transportasi wisata yang aman mengingat semakin besarnya keinginan masyarakat untuk berwisata.

Dalam rangka libur Isra Miraj dan libur bersama , Ditjen Perhubungan Darat akan memantau awak mobil dan bus wisata yang aktif bekerja di lokasi wisata selama libur panjang ini, kata Direktur Perhubungan Ahmad. Yaitu di Bandung. , Jumat.

Sosialisasi pendataan dan observasi lalu lintas wisatawan dilakukan di tiga wilayah yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kegiatan pemantauan berupa pemeriksaan surat keterangan lulus ujian elektronik (BIRU), kartu pelacakan (KPS) dan surat keterangan kendaraan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *