THR PNS Cair H-10 Lebaran, Tenaga Honorer Dapat Juga?

thr pns cair h 10 lebaran tenaga honorer dapat juga fc253fe

kabarkutim.com.com, Jakarta – Pemerintah akan membayarkan Tunjangan Hari Raya () kepada aparatur sipil negara (ASN) atau pada hari ke 10 Idul Fitri. Termasuk PNS hingga PNS dengan kontrak kerja (BPK). Lantas, apakah juga bisa mendapat manfaat THR?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas tak banyak bicara soal THR bagi tenaga honorer. Padahal aturan THR bagi PNS telah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bentuk keputusan pemerintah pada 13 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Nanti saya cek, kata Anas usai Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Pengadaan Barang Milik Negara ASN 2024 di Jakarta, dikutip Jumat (15/3/2024).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani aturan mengenai dan Gaji ke-13 Tahun 2024. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Santunan Cuti dan Cuti Ketigabelas. aparatur gaji negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima manfaat sebanyak 2.024 orang.

PP menjelaskan, THR dibayarkan paling lambat 10 hari kerja sebelum tanggal cuti tahunan. Jika THR tidak dapat dibayarkan, maka dapat dibayarkan setelah liburan. Kategori penerima

Gaji ketigabelas dibayarkan paling lambat bulan Juni 2024, dan apabila gaji ketigabelas tidak dapat dibayarkan maka dapat dibayarkan setelah bulan Juni 2024.

Pejabat pemerintah, pensiunan, pensiunan, dan orang yang berlibur menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 tahun 2024 sebagai rasa syukur atas pengabdiannya kepada rakyat dan negara, dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara.

Pejabat pemerintah tersebut mencakup pegawai negeri sipil (PNS) dan calon pegawai negeri sipil, pegawai kontrak pemerintah (CWC), prajurit TNI, anggota polisi nasional, dan pegawai negeri sipil.

Dalam PP tersebut juga disebutkan bahwa THR dan gaji ke-13 dari APBN terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; pasca penyesuaian atau tunjangan umum; dan tunjangan kinerja berdasarkan tingkatan, jabatan atau kelas jabatan.

Sedangkan THR dan gaji ke-13 APBD terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; pasca penyesuaian atau tunjangan umum; penghasilan tambahan tertinggi yang diperoleh dalam sebulan.

THR dan gaji ketigabelas bagi pegawai khusus kementerian/lembaga dan pegawai negeri sipil yang hak keuangan atau administrasinya setara atau setingkat dengan menteri, wakil menteri, pejabat tinggi, penyelenggara, atau pengawas, menerima THR dan gaji tertinggi ketigabelas. gaji yang diberikan kepada PNS yang mempunyai tingkat hak finansial.

Sedangkan THR CPNS mewakili 80 persen gaji pokok PNS; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; bonus umum dan kinerja.

Sebelumnya diberitakan, Aparatur Sipil Negara (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya tengah bersiap menghadapi hantaman tak terduga. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani aturan tentang THR PNS dan gaji ke-13 tahun 2024.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Cuti Tahunan dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Pensiunan, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

PP tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2024 dan diresmikan pada hari yang sama oleh Menteri Negara Pratikno.

Dalam salinan PP tersebut disebutkan, pemerintah memberikan pegawai negeri sipil, pensiunan, penerima pensiun dan tunjangan, tunjangan hari raya (THR) tahunan, dan gaji ke-13 tahun 2024 sebagai ucapan terima kasih atas pengabdiannya kepada rakyat dan negara. . . dengan mempertimbangkan kemampuan finansial negara. Mulai dari PNS hingga PNS

Pejabat pemerintah tersebut mencakup pegawai negeri sipil (PNS) dan calon pegawai negeri sipil, pegawai kontrak pemerintah (CWC), prajurit TNI, anggota polisi nasional, dan pegawai negeri sipil.

Aparatur negara juga meliputi wakil menteri, staf khusus kementerian/lembaga, dewan pengawas KPK, pimpinan dan anggota DPRD, hakim ad hoc, pimpinan dan anggota lembaga nonstruktural, kepala badan layanan publik/daerah. layanan, pengelola lembaga penyiaran publik yang terdiri dari dewan pengawas dan direktur,

Dalam PP tersebut juga disebutkan bahwa THR dan gaji ke-13 APBN terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; pasca penyesuaian atau tunjangan umum; dan tunjangan kinerja berdasarkan tingkatan, jabatan atau kelas jabatan.

Sedangkan THR dan gaji ke-13 APBD terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; pasca penyesuaian atau tunjangan umum; penghasilan tambahan tertinggi yang diperoleh dalam sebulan.

THR dan gaji ketigabelas bagi pegawai khusus kementerian/lembaga dan pegawai negeri sipil yang hak keuangan atau administrasinya setara atau setingkat dengan menteri, wakil menteri, pejabat senior, penyelenggara atau pengawas, menerima THR dan gaji ketigabelas gaji tertinggi yang diberikan kepada PNS yang mempunyai tingkat hak keuangan.

Sedangkan THR CPNS mewakili 80 persen gaji pokok PNS; tunjangan keluarga; tunjangan makanan; tunjangan umum dan tunjangan kinerja.

PP menjelaskan, THR dibayarkan paling lambat 10 hari kerja sebelum tanggal cuti tahunan. Jika THR tidak dapat dibayarkan, maka dapat dibayarkan setelah liburan.

Sedangkan gaji ketiga belas akan dibayarkan paling lambat pada bulan Juni 2024, dan apabila gaji ketigabelas tidak dapat dibayarkan maka dapat dibayarkan setelah bulan Juni 2024.

Pegawai Negeri Sipil (ASN) akan menerima Tunjangan Hari Raya atau THR pada kesempatan Idul Fitri 2024. Selain PNS, THR juga diberikan kepada non PNS yakni TNI dan Polra.

Sri Mulyani menjelaskan THR Libra tahun 2024 akan dibayarkan penuh atau 100%. Pembayaran penuh THR 100 persen kepada PNS sudah sesuai instruksi Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“THR Presiden (Jokowi) ditetapkan 100 persen,” kata Sri Mulyani kepada awak media di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (3/5/2024).

Sri Mulyani mengatakan, THR PNS, TNI, dan Polri akan dibayarkan pada hari ke 10 Idul Fitri 2024. Saat ini, pemerintah masih membahas mengenai kejaran THR tersebut.

“THRnya seperti saya sampaikan, sedang dalam pengerjaan dan kalau bisa kita usahakan selesai. Semoga dibayarkan 10 hari sebelum libur,” ujarnya.

Namun, Sri Mulyani tak membeberkan alasan pemerintah membayarkan THR Lebaran 100 persen. Termasuk juga total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran THR PNS pada tahun 2024.

Lantas, berapa THR PNS tahun 2024?

Jika melihat besaran THR PNS tahun 2023, komponen THR dinyatakan dalam besaran seperti gaji pokok/pensiun dan tunjangan yang dikaitkan dengan gaji pokok/pensiun. Diantaranya adalah tunjangan keluarga, tunjangan makan, tunjangan struktural umum/fungsional/pos).

Selain itu, ASN juga mendapat tambahan bonus kinerja sebesar 50 persen per bulan bagi yang menerima bonus kinerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *