Transformasi BUMN Disebut Jadi Pilar Fundamental Ekonomi Indonesia

transformasi bumn disebut jadi pilar fundamental ekonomi indonesia 5e47d68

kabarkutim.com.com, Jakarta – Kepala Ekonom Fauzi Ichsan menilai Badan Usaha Milik Negara () telah mendorong berkembangnya organisasi yang produktif dan efisien melalui serangkaian reformasi yang dilakukan dalam lima tahun terakhir. 

Ia memaparkan keberhasilan Kementerian Bisnis Nasional (BUMN) di bawah kepemimpinan dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.  Fauzi mengatakan, investasi BUMN mampu meningkatkan konsumsi dan belanja dalam negeri.

Bacaan Lainnya

“Agar konsumsi dalam negeri saja tidak membantu anggaran pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi, investasi, swasta dan BUMN perlu ditingkatkan tidak hanya dari segi levelnya tetapi juga dari segi produksi atau keberhasilan dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” kata Fauzi dalam sebuah pernyataan. pernyataan resmi pada hari Rabu. (6/12/2024). 

Ia mengatakan, BUMN mendorong berkembangnya organisasi yang produktif dan efisien melalui serangkaian perubahan yang dilakukan dalam lima tahun terakhir.  Perubahan ini dapat menyelesaikan banyak masalah kompleks. 

Masa perubahan perekonomian khususnya sektor BUMN juga dipicu oleh wabah Covid pada tahun 2020. Bahkan, dalam 4 tahun terakhir perubahan dan reformasi sektor BUMN berhasil, kata Fauzi. 

Fauzi menjelaskan, ada beberapa capaian dalam BUMN, termasuk penyelesaian permasalahan struktural yang sudah lama meresahkan BUMN. Permasalahan tersebut menghambat produktivitas dan keberhasilan BUMN, seperti permasalahan pada komponen BUMN, asuransi, dan pengoperasian kereta api.

“(BUMN) sedang menangani permasalahan warisan yang kompleks seperti Jiwasraya, Jasindo, Garuda, beberapa perusahaan Karya, dll. Langkah-langkah tersebut terbukti berhasil mengurangi beban APBN,” kata Fauzi. 

 

 

 

 

 

Selain itu, keuangan BUMN juga terkena dampak positif dari keputusan Menteri BUMN Erick Tohiro yang menghentikan operasional BUMN yang di masa lalu sempat mengalami kendala manajemen akibat buruknya praktik manajemen perusahaan. Bahkan, keberhasilan telah diakui dunia internasional.  

“Prestasi ini tidak hanya diakui di tingkat nasional, namun juga mendapat penghargaan dari lembaga keuangan internasional terkemuka seperti Asian Development Bank (ADB), World Bank, International Monetary Fund (IMF) dan Organization for Economic Co- operasi dan Pengembangan. – kinerja dan Pengembangan. (OECD),” ujarnya. 

Dengan adanya perubahan dan reorganisasi tersebut, kinerja cabang BUMN semakin membaik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pembayaran bunga dan pajak serta dividen ke kas negara.

Misalnya sektor BUMN yang menyumbang 20 persen terhadap total pendapatan negara pada tahun 2022, yang berasal dari pajak, PNBP, dan gaji, ujarnya.

Fauzi menilai reformasi dan transformasi sektor BUMN menjadi bagian dari solusi terpenting perekonomian negara yang terdampak badai epidemi. Dengan adanya transformasi cabang BUMN, maka budaya etika di kalangan pelaku ekonomi akan terus diperkuat sebagai modal menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sudah mulai menguji coba metode empat hari kerja dalam satu minggu di Kementerian BUMN. Rencananya minggu depan akan mulai dilakukan pengujian dengan beberapa kelompok.

Sekretaris Departemen BUMN Rabin Indrajad Hattari mengatakan sistem kerja tersebut dinamakan Compressed Work Schedule (CWS). Nantinya, pegawai Cabang BUMN bisa mengambil libur hari Jumat setelah bekerja 40 jam dalam seminggu.

“Jadi sekarang sedang dalam proses uji coba, sekarang kita sedang mencari calon ahli lain yang mau ikut uji coba ini,” kata Rabin yang ditemui di kantor BUMN, seperti dikutip Rabu (12/06/2024). ).

Uji coba sistem ini akan mencakup unit eselon II hingga pengguna. Pihaknya saat ini sedang merumuskan mandat penuh pemerintah untuk dilaksanakan pada minggu depan.

“Nanti yang mau dapat CWS akan dicek dulu, kita buat manajemen agar mereka tidak libur saat beban berat,” kata Rabin.

Proyek implementasi ini diawali dengan survei kesejahteraan pekerja pada awal tahun 2024. Rabin menegaskan, pada tahap pertama akan dilakukan pengujian di beberapa seksi Kementerian Perdagangan Nasional pada bulan 2-3 berikutnya.

“Dari uji coba ini kita ingin melihat seberapa efektif program ini, apakah meningkatkan produktivitas atau tidak, nanti kita lihat. Ini bagaimana karyawan bisa menemukan peluang untuk menyeimbangkan kehidupan kerja,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memperbolehkan pegawai Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah beristirahat pada Jumat. Namun ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Dalam undang-undang ini, pekerja akan menikmati libur panjang atau 3 hari, kata Erick Thohir, untuk mencoba memprediksi masalah kesehatan mental.

“Generasi baru 70 persen punya masalah kesehatan mental, makanya kita sebut dengan jadwal kerja yang pendek,” kata Erick dalam acara BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, dikutip Jumat (8/3/2024). . ).

Ia menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi pekerja tersebut. Yang utama adalah waktu kerja yang diselesaikan dalam satu minggu.

Erick mencoba menghitung, jika karyawan tersebut bekerja 40 jam dalam seminggu, maka ada opsi untuk libur kerja pada hari Jumat.

“Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, di Kementerian BUMN ada cara lain, saya tidak tahu perusahaan BUMN, bisa saja, kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, mereka punya cara lain untuk melewati hari Jumat. dikatakan.

Ia menegaskan, pengurangan jam kerja tidak cukup hanya dalam satu minggu. Katanya, libur bisa dilakukan dua kali dalam sebulan.

“Kami anjurkan, bukan berarti kami anjurkan untuk bermalas-malasan. Kan setiap hari Jumat tidak ada hari liburnya ya. Kalau dalam minggu itu kamu bekerja lebih dari 40 jam, kamu bisa mendaftar, sebulan dua kali setiap hari Jumat bisa.” menjadi cara lain dibandingkan liburan yang kita lakukan,” jelasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *