Transparansi dan Kolaborasi Berjalan Mulus, Perbasi DKI Sambut 2024 dengan Modernisasi

transparansi dan kolaborasi berjalan mulus perbasi dki sambut 2024 dengan modernisasi 9f85524

kabarkutim – Tahun 2023 akan segera berakhir. Sepanjang tahun 2023, program kerja Perbasi DKI Jakarta di bawah komando Lexyndo Hakim akan berjalan lancar.

Dengan adanya transparansi, modernisasi, kolaborasi, digitalisasi dan sinergi sejak terpilihnya periode kepemimpinan Perbasi DKI Jakarta 2022-2026, langkah strategis tepat kali ini berjalan lancar. 

Perjalanan basket DKI Jakarta dimulai dengan mengikuti Kejurnas U-15 2023 pada 7-15 Januari 2023. Tim putri sukses meraih medali emas di ibu kota, sedangkan tim putra menempati posisi runner-up.

Lexyndo saat itu mengucapkan terima kasih kepada para atletnya yang telah berjuang keras mengharumkan nama DKI Jakarta, dengan waktu persiapan yang sangat terbatas.

Intinya, keberhasilan tersebut lahir berkat dukungan penuh Perbasi DKI Jakarta yang berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh atlet putra dan putri DKI Jakarta dalam memperjuangkan prestasi Kejurnas. Saya yakinkan Perbasi DKI Jakarta akan terus mendukungnya semaksimal mungkin. “

Prinsipnya kami berupaya mendukung proses pembinaan atlet bola basket di DKI Jakarta agar mendapat hak dan pelayanan yang baik, terutama untuk meningkatkan kualitas individu, kata Lexy, Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta Tahun 2022-2026. . Ketentuan.

Soal prestasi lainnya, Jakarta kembali sukses menorehkan prestasi di nomor 3×3 pada November-Desember 2023. Pada Kejurnas 3×3 di Makassar, DKI Jakarta tampil sebagai juara umum setelah berhasil meraih medali dari seluruh kategori umur yang dipertandingkan putra dan putri.

 

Rinciannya, DKI Jakarta meraih medali emas dan perunggu pada kategori KU-16 putra. Sedangkan tim putri meraih medali emas.

Kategori Ku-18 sesuai dengan tiga dana. DKI Jakarta mendapat medali emas untuk beregu putra dan medali perak untuk beregu putri.

Terakhir pada kategori KU-22, DKI Jakarta membawa pulang medali perunggu beregu putra dan putri dengan partisipasi 3 (tiga) provinsi peserta.

Dua bulan lalu, tim basket putra dan putri DKI Jakarta bahkan berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Popnas) 2023 di Palembang.

Hal ini jelas merupakan hasil kerja keras seluruh atlet dibawah pengawasan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dimana pada kesempatan ini DKI Jakarta secara keseluruhan juga menjadi juara umum pesta olahraga terbesar di kalangan pelajar se-Indonesia tersebut.

Kesuksesan bukan hanya soal medali. Tim 3×3 putra dan putri DKI Jakarta sudah lolos ke PON Aceh-Sumut 2024, serta tim 5×5 putra dan putri. 

Kesuksesan hanyalah salah satu bagian yang bisa dinikmati dari suksesnya program Perbasi DKI Jakarta. Keterbukaan informasi dan transparansi menjadi salah satu alasan mengapa bola basket di Jakarta mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat.

Selain itu, banyak kegiatan di ibu kota juga yang sukses berkat dukungan Perbasi DKI Jakarta.

Turnamen SMA terbesar di Indonesia, DBL, akhirnya menggandeng Jakarta sebagai salah satu kota penting penyelenggaraannya. DBL Camp ini merupakan kali pertama menginjakkan kaki di ibu kota setelah sebelumnya digelar di Surabaya.

Daya tarik Jakarta semakin bertambah usai live final DBL 2023 seri Jakarta yang digelar di gedung basket terbesar, Indonesia Arena, pada 17 November 2023.

Keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari keterbukaan Perbasi DKI Jakarta terhadap informasi dan kerjasama serta dukungan dalam setiap ajang bola basket demi perkembangan bola basket Indonesia secara keseluruhan.

Jangan lewatkan perhelatan terbesar Indonesia di Piala Dunia FIBA ​​2023, 25 Agustus-10 September 2023, di Indonesia Arena, Jakarta. 

Perbasi DKI Jakarta selalu siaga memberikan dukungan bahkan sosialisasi di FIBA​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ Piala Dunia 2023, meski Timnas Indonesia tidak mengikuti turnamen tersebut.

Trofi Piala Dunia FIBA ​​2023 sudah hadir. Lalu tim peserta langsung datang. Sekarang mungkin Indonesia hanya jadi penonton, tapi mudah-mudahan dengan daya tahan para patriot basket kita, serta dukungan dari para pendukung. pemerintah, federasi dan masyarakat, insya Allah Piala Dunia Bola Basket akan kembali digelar di Indonesia.”

Jadi bukan tidak mungkin, harapan kita kalau kembali lagi, timnas Indonesia bisa menjadi bagian dari Piala Dunia FIBA ​​​​di masa depan, kata Lexy saat itu.

Di tingkat daerah, Perbasi DKI Jakarta sukses menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi yang diikuti seluruh kelompok umur yaitu KU 10 campuran, KU 12, KU 14, KU 16 dan KU 18 putra dan putri.

Cheeseprov merupakan turnamen tertinggi setelah klub-klub yang bertanding di tingkat kota/kabupaten atau Cheesekot/Kejurkab yang juga sukses pada tahun ini.

Terus berkembangnya olahraga bola basket Ibu Kota juga akan mewarnai perjalanan Perbasi DKI Jakarta sepanjang tahun 2023. Tak hanya fokus pada pembinaan dan sinergi dengan pemangku kepentingan, Perbasi DKI Jakarta juga menaruh perhatian pada wasit dan pelatih.

Pelatihan dan penyegaran wasit akan dilakukan pada tahun 2023. Tak hanya itu, wasit juga dibekali dengan penerapan aturan terbaru FIBA. Hal ini untuk menciptakan suasana kompetisi di Jakarta yang lebih baik dipimpin oleh juri lapangan yang kualitasnya juga semakin meningkat.

Selain wasit, pelatih berlisensi C juga mendapat pelatihan. Tujuannya jelas agar pembinaan di level klub juga semakin meningkat dengan hadirnya pelatih yang berkualitas.

Seperti tahun lalu, Perbasi DKI Jakarta selalu menorehkan prestasi. Tak hanya bicara soal pembinaan, sinergi, kompetisi lokal, dan peningkatan kualitas wasit dan pelatih, Bola Basket Jakarta juga fokus pada isu modernisasi dan digitalisasi.

Secara bertahap, Perbasi DKI Jakarta membenahi kepengurusan organisasi anggota (klub). Bahkan telah dibentuk tim ad hoc untuk mengembangkan AD/ART Perbasi DKI Jakarta agar sejalan dengan perkembangan saat ini. Dengan adanya kemajuan ini, klub-klub anggota di seluruh Jakarta juga dapat dipromosikan dan menjadikan dirinya profesional.

Refleksi perjalanan bola basket ke Jakarta pada tahun 2023 memberikan gambaran bagaimana transparansi, kolaborasi, modernisasi, sinergi dan digitalisasi berada pada jalurnya.  Perbasi DKI Jakarta selalu menyambut dengan tangan terbuka perkembangan bola basket di Indonesia secara keseluruhan. 

Setahun yang lalu. Secara bertahap kita melakukan transparansi, modernisasi, dan digitalisasi dalam hal turnamen di tingkat Jakarta, pembinaan bahkan manajemen klub agar lebih baik. Kalau semuanya digital dan pengelolaan anggota lancar, tentu di The kedepannya pengelolaan Bola Basket di Jakarta juga akan semakin membaik.”

Peningkatan kualitas wasit dan pelatih juga menjadi perhatian. Jika kedua elemen ini ditingkatkan, pasti akan ada dampak positif bagi perkembangan pembinaan klub. Dampaknya akan semakin luas, turnamen tingkat kota/kabupaten akan semakin meningkat, bahkan di tingkat provinsi atau Kijurprov suasana turnamen akan lebih berkualitas.”

“Bahkan dengan bertambahnya turnamen daerah di Jakarta, kita bisa berbicara banyak di tingkat nasional, seperti PON, Popnas, Pomnas, atau Kejurnas yang diadakan di PP Perbasi. Selain itu, DKI Jakarta juga turut berkontribusi dalam hal ini. Perkembangan Bola Basket Indonesia karena semakin banyak pemain kita yang bisa bermain untuk tim kelompok umur nasional,” kata Lexy yang juga menjabat sebagai CdM Indonesia pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Perjalanan tahun lalu menjadi pembelajaran berharga bagi Perbasi DKI Jakarta. Program-program yang sudah berjalan baik akan dilanjutkan dan ditingkatkan hingga tahun 2024. Agenda besar sudah menanti, seperti PON Aceh-Sumut 2024. DKI Jakarta pasti memiliki target emas untuk semua kategori yaitu 5×5 putra dan putri serta 3×3 putra dan putri.

“Belum sempurna, masih jauh dari harapan para pelajar bola basket di Jakarta, namun kita berharap untuk terus menyempurnakan penyelenggaraan Perbasi di DKI Jakarta agar dapat berjalan dengan baik, dan kita harus berterima kasih kepada semua pihak. Perbasi di DKI Jakarta, di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu, karena kolaborasi dan kemitraan menjadi kunci sukses Jakarta untuk Indonesia.

Tahun 2024 tentunya akan menjadi tahun yang baik, dimana penyesuaian-penyesuaian yang telah dilakukan oleh manajemen kita selama 2 (dua) tahun ini dapat kita terapkan kembali dengan baik, kita serius, ada tantangan yang ada, kita akan mengatasinya dengan memberikan solusi -awan dan pendidikan bola basket yang baik. pemangku kepentingan. di Jakarta.

Hal lain yang dapat menjadi tantangan adalah keinginan akan adanya peraturan perundang-undangan, baik di tingkat provinsi maupun nasional kota/kabupaten, tidak lagi berubah-ubah dan peraturannya tidak konsisten. Salah satu yang menjadi perhatian adalah rencana Kejurnas, misalnya Kejurnas Tetiba antarklub, Kejurnas Tetiba antarprovinsi/daerah, Tetiba U15, Tetiba U17, sebaliknya kita adakan Kejurnas/Kabupaten dan Kejurprov u14 U16 U18 (lebih tua). Penjelasan Kejurnas misalnya siapa laki-laki dan siapa perempuan jangan sampai cuek, saya kira akan mudah untuk dikoordinasikan dan didiskusikan. 

Namun selain itu, kami mengikuti konstitusi dan akan selalu memaksimalkan persiapan tim basket DKI Jakarta untuk berpartisipasi aktif dan mengikuti kegiatan tingkat nasional. 

“Kami ikhlas membantu bola basket di Jakarta menjadi lebih baik, lebih baik, lebih sukses, dan tentunya yang terpenting kami siap berteman, dan juga berteman dengan seluruh mitra Perbasi di seluruh Indonesia, dan meminta agar nasional. Perbasi Juga ambil peran di Navito untuk mengelola Perbasi “Ini bagus DKI Jakarta.”

Selamat Tahun Baru 2024, selamat menikmati kebahagiaan bersama keluarga tercinta dan orang-orang terdekat, sehingga bisa beraktivitas dan bermain basket kembali. Heru Budi mengatakan, para pengungsi di Kuningan, Jakarta Selatan, sudah dipulangkan ke tempat yang semestinya. kabarkutim.co.id 2 Juli 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *