Tren Modifikasi Ini Berkembang Pesat di Indonesia

tren modifikasi ini berkembang pesat di indonesia 590947c

Jakarta, 25 Januari 2024 – Industri modifikasi otomotif di Indonesia berkembang pesat. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta dan nilai transaksi berbagai event.

“Setiap tahun jumlah pesertanya terus bertambah dan nilai transaksinya terus meningkat. Jadi ada tanda-tanda industri akan terus maju dari situ,” kata Andre Muliatti, pendiri National Modifier and Aftermarket Association, atau NMAA . , dikutip kabarkutim Otomotif di Jakarta. 

Menurut Andrey, salah satu faktor tumbuhnya industri modifikasi mobil Indonesia adalah tingginya minat masyarakat terhadap kustomisasi dan modifikasi mobil. Selain itu, pertumbuhan industri otomotif nasional juga turut mendukung industri modifikasi mobil Indonesia.

Menurut dia, karena pertumbuhan industri otomotif nasional juga bagus, maka wajar saja industri modifikasinya juga bagus.

Untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi, NMAA mendorong para modifikator untuk mengubah kendaraan menjadi kendaraan listrik.

“Program modifikasi EV ada area tersendiri. Jadi ada konversi mobil dan modifikasi EV. Harapannya rekan-rekan modder bisa melakukan konversi dan tidak sekedar modifikasi estetika,” ujarnya.

Meski demikian, Andre mengakui konversi ke mobil listrik masih mahal, apalagi dengan harga baterai yang masih tinggi.

“Mungkin baterainya sekarang lebih mahal karena tidak ada di lokal. Sehingga konversinya lebih mahal dibandingkan modifikasi mesin biasa,” jelasnya.

Selain konversi, sektor modifikasi otomotif yang paling cepat berkembang adalah industri perawatan mobil dan penerangan.

“Yang satu sederhana, perawatan mobil, semprot wax, orang bisa DIY (lakukan sendiri), jadi tinggi sekali. Salah satu yang menarik adalah industri lighting yang sebelumnya tidak terpikirkan. Sekarang Anda bisa menghitung. Jadilah salah satu yang paling laris, kata Andre.

Di sektor kendaraan listrik, NMAA berharap produsen dapat bekerjasama dengan modifikator untuk menyediakan aksesoris dan suku cadang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat ingin kustomisasi, tidak hanya ingin ubahan OEM,” strategi Bupati Nina Agustina bersama Pemerintah Bupati Indramayu dalam upaya pembenahan Kawasan Ekonomi Indramayu kabarkutim.co.id 29 Juni 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *