Viral Pria Usia 78 Tahun Jadi Anak SMP, Semangat Belajarnya Tuai Pujian

viral pria usia 78 tahun jadi anak smp semangat belajarnya tuai pujian 80ca834

India – Pria berusia 78 tahun asal Mizoram bagian timur, Lalringthara, membuktikan bahwa semangat belajar tidak mengenal usia. Meski sudah tua, Lalringthara menempuh jarak 3 kilometer setiap hari untuk mencapai ruang kelasnya.

Lalringthara yang berasal dari desa Hruaikawn di distrik Champhai Mizoram melaporkan dari NDT, Jumat 22 Desember 2023, sebuah kisah hidup yang penuh perjuangan.

Lahir pada tahun 1945 di Desa Kuangleng, dekat perbatasan Indo-Myanmar, masa kecilnya dipenuhi dengan keterbatasan. Sepeninggal ayahnya saat duduk di bangku kelas 2, Lalringthara harus membantu ibunya di ladang.

Pengalaman hidupnya membawanya dari satu tempat ke tempat lain hingga ia menetap di desa New Hruaikawn pada tahun 1995. Namun kemiskinan yang menimpanya menghancurkan karir sekolahnya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk kembali bersekolah.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya sehingga ia dapat menulis lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dan memahami laporan berita TV.

Menurutnya, semua karya sastra saat ini mengandung kata-kata bahasa Inggris yang kerap membuatnya bingung. Oleh karena itu, keinginannya untuk menguasai bahasa Inggris memunculkan keinginannya untuk terus belajar.

Meski kini bisa membaca dan menulis di Mizo, Lalringthara menegaskan bahwa motivasinya adalah keinginan untuk belajar bahasa Inggris.

“Saya tidak punya masalah membaca atau menulis di Mizo. Namun, keinginan saya untuk mengenyam pendidikan didorong oleh keinginan saya untuk belajar bahasa Inggris,” kata Lalringthara di Northeast Live TV.

Saat ini, Lalringthara yang bekerja sebagai penjaga gereja di New Hruaikawn menjadi teladan bagi siswa dan guru di sekolahnya.

“Pu Lalringthara merupakan inspirasi dan tantangan bagi siswa dan guru. Pria luar biasa yang suka belajar layak mendapatkan semua dukungan,” kata Vanlalkima, kepala Sekolah Menengah New Hruaikawn.

Sebelumnya, seorang pria Brasil berusia 81 tahun kembali bersekolah pada usia 77 tahun untuk mewujudkan impian seumur hidupnya dalam belajar.

Meski harus berhenti mengajar demi keluarganya, dia bertekad untuk mengabdikan beberapa jam setiap hari untuk studinya. Cucunya berkata: “Dia mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah”

Kisah luar biasa ini mengingatkan kita bahwa semangat belajar dan keinginan untuk terus berkembang tidak mengenal batas usia. Dalam setiap usahanya, Lalringthara menunjukkan dedikasi yang besar untuk mencapai tujuannya. Sebuah kisah inspiratif dari sudut Mizoram yang patut dipahami. Program Studi Akuntansi Universitas Mercu Tetap Raih Akreditasi Berprestasi. Penghargaan akreditasi ini juga diharapkan dapat menambah motivasi program studi lain di Universitas Mercu Buana untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu. kabarkutim.com.co.id 4 April 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *